EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

ULANGAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ULANGAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SMK NAHDLATUL ULAMARAUDLATUL MU’ALLIMIN WEDUNG
Alamat : Jl, Raya Ngawen No. 23 Wedung Demak 59554 ( (0291) 6906100 e-mail : smknuraum@gmail.com
Mata Pelajaran                            : Bahasa Indonesia
Kelas                                                : XII (Duabelas)
Kompetensi Keahlian               : Teknik Sepeda Motor/Busana Butik
Hari/Tanggal                               :
Waktu                                             :
 

I.     Berilah tanda silang pada huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!
 



1.       Yang tidak termasuk bentuk prosa nonfiksi ialah ....
a.        Artikel                                   d. tips
b.       Tajuk rencana                      e. legenda
c.        feature
2.       Di bawah ini yang tidak termasuk manfaat apresiasi sastra adalah ....
a.     membantu pembaca sastra memiliki keterampilan berbahasa
b.     meningkatkan pengetahuan budaya
c.     meningkatkan kecerdasan intelektual
d.     mengembangkan daya cipta dan rasa
e.     menunjang pembentukan watak
3.       Kalimat di bawah ini yang tidak menyatakan apresiasi adalah ....
a.     PT Gramedia Pustaka Utama menerjemahkan novel Harry Potter ke dalam bahasa Indonesia
b.     Cerita petualangannya menarik. Alur ceritanya demikian seru.
c.     Cerita anak yang bagus dikemas dalam bahasa sederhana, alur ceritanya lugas alias tidak berbelit-belit, namun tetap menarik.
d.     Kepiawaian JK Rowling dalam Harry Potter juga terlihat pada mantra-mantra yang banyak dicuplik dari bahasa latin atau Yunani.
e.     Dari sini saja, Rowling sudah patut diacungi jempol!
4.       Gending tlutur mengalun, menyayat malam yang larut. Kalimat tersebut menggunakan majas ....
a.     Metafora
b.     Inversi
c.     Personifikasi
d.     Hiperbola
e.     Sarkasme
5.       Kisah atau riwayat kehidupan seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain adalah ....
a.        Artikel                                   d. reportase
b.       Resensi                                  e. biografi
c.        iklan
6.       Yang tidak termasuk iklan niaga adalah ....
a.        Iklan sabun mandi
b.       Iklan pembersih kulit
c.        Iklan CD lagu band Ungu
d.       Iklan 3 M
e.        Iklan elektronik
7.       Pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau yang dijual dan dipasang di media massa disebut ....
a.        Poster                                    d. pemberitahuan
b.       Pengumuman                       e. iklan
c.        edaran



8.       PADAMU JUA

Kaulah kandil kemerlap
Pelita jendela di malam gelap
Melambai pulang perlahan
Sabar, setia selalu

Tema puisi karya Amir Hamzah di atas adalah ....
a.     Ketuhanan
b.     Pemberontakan
c.     Kemanusiaan
d.     Kebebasan
e.     keadilan
9.       Ungkapan atau ekspresi penyair kepada sesuatu yang dituangkan lewat puisinya disebut ....
a.     Tema
b.     Rima
c.     Rasa
d.     Nada
e.     citraan
10.    Di bawah ini kalimat yang menggunakan kata bermakna konotasi adalah ....
a.     Kakak baru saja menyiram bunga di pekarangan.
b.     Mereka pergi ke sekolah dengan naik kereta.
c.     Jembatan gantung itu rubuh karena sudah rapuh.
d.     Narkoba adalah jembatan menuju neraka.
e.     Habis manis sepah dibuang.
11.    Pagi itu aku bangun seperti biasa, setelah semua kakakku berangkat ke sekolah. Kudapati ibuku duduk di sudut ruang makan, di atas sebuah amben rendah yang menurut ingatanku selalu ada disana. Di depannya agak menjorok ke emper yang terlindung dari atap luas hingga ke pinggir latar, penjual sayuran dan berbagai bahan makanan yang setiap hari lewat menjajakan dagangannya.
(Sumber: Sebuah Lorong di Kotaku, karya NH. Dini).
Unsur yang menonjol dalam penggalan novel di atas adalah .....
a.        Latar waktu, amanat, dan tokoh.
b.       Latar waktu, latar tempat,dan sudut pandang
c.        Tema, amanat, dan sudut pandang
d.       Amanat, penokohan dan latar
e.        Amanat, latar, dan plot
12.    Aku tahu emak tentu tidak akan datang. Tidak mau, katanya tidak pantas. “Sekolah itu kan tempat priyayi lho, Gus, Emakmu ini apakah ndak ilok kalau berada di tempat itu.”
“Oalah, mak, mak! Priyayi itu zaman dulu, Sekarang ini orang sama saja, yang membedakan itu “kan isinya’” aku menekankan telunjuk ke keningku.
“Itulah, Gus yang Emak maksudkan priyayi. Emak tidak mau ke tempat yang angker itu. Nanti emakmu itu akan jadi tontonan saja karena plonga plongo kayak kerbau. Kasihan kamu, Gus.”
(Cerpen: Emak yang Perkasa karya Agus Fakhri H).
Watak tokoh emak dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
a.        Jujur, baik dan pengertian
b.       Rendah diri, lugu, penuh perhatian
c.        Penuh pengertian, lugu
d.       Polos, rendah hati
e.        Tidak sombong, baik, optimis
13.    “Aku tak berdosa, tak ada yang harus aku akui,” pikir Sanip. Aku tak punya dosa yang mesti aku akui, kata Talib dalamhatinya. Aku tak punya dosa, kata Sutan pada dirinya. Buyung menyuruh hatinya dan pikirannya diam, dengan mengingatkannya pada dosa-dosanya. Pak Haji juga demikian.
(Harimau-Harimau. Muchtar Lubis)
Watak tokoh Sanip, Talip, Swan, Buyung, dan Pak Haji dalam kutipan novel tersebut adalah....
a.        Munafik
b.       Jujur
c.        Penakut
d.       Sabar
e.        Alim
14.    Bacalah penggalan puisi berikut ini!
....
Gergaji tak pernah berjanji
Kepada angin
Untuk mengembalikan pohon
Kepada burung    
                                (Sapardi Joko Darmono)
Tema puisi di atas adalah ...
a.        Kerusakan lingkungan
b.       Perusakan hutan
c.        Perlindungan alam
d.       Perlindungan lingkungan
e.        Kerusakan alam
15.    Yang membawa pembaca pada penikmatan, penghayatan dan penghargaan atas karya sastra adalah ...
a.  Struktur kalimat yang digunakan sederhana dan mudah dipahami
b.  Bahasa yang digunakan adalah bahasa indah
c.   Pengarangnya piawai mengolah bahasa
d. Pemahaman terhadap pesan-pesan atau nilai-nilai moral dalam karya sastra
e.   Bersungguh-sungguh saat membaca karya sastra
16.    Pak Balam kemudian terdengar berkata dengan suara seperti orang mengigau, “Awas, harimau itu dikirim oleh Tuhan untuk menghukum kita yang berdosa-awas harimau-dikirim Allah- awas harimau- akuilah dosa-dosa kalian.”(Harimau-harimau, Muchtar Lubis).
Amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut adalah ....
a.          Setiap orang pasti mempunyai dosa, mulai dari dosa kecil sampai dengan dosa besar.
b.          Dosa yang telah dilakukan oleh seseorang tidak akan dapat disembunyikan, pasti akan ketahuan.
c.          Akui dan minta ampunlah atas dosa yang telah diperbuat karena Tuhan pasti akan membalas perbuatan dosa itu.
d.          Tidak baik menutup-nutupi dosa orang yang telah dilakukan karena suatu saat dosa itu pasti akan diakui juga.
e.          Hindarilah dirimu dari segala dosa karena Tuhan akan menghukum orang yang berbuat dosa tersebut.


17.                                        AKU INGIN
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana.
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikannya abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan syarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikan tiada.

                             (Sapardi Djoko Damono)
Suasana dalam puisi tersebut adalah ....
a.     haru dan romantis
b.     senang dan penuh kebahagian
c.     sedih dan penuh duka
d.     lucu dan romantis
e.     kepasrahan yang berlebihan
18.    Janganlah kita seperti Tong kosong nyaring bunyinya. Kalimat yang mengandung peribahasa yang semakna dengan peribahasa di atas adalah ....
a.     Anak itu tidak disukai karena seperti air beriak tanda tak dalam.
b.     Memberi sesuatu kepada dia Laksana kera mendapat bunga.
c.     Setiap saat kedua pasangan itu bagai api dengan asap.
d.     Kedua orang itu seperti anjing dengan kucing
e.     Adik-kakak itu walaupun berjauhan seperti air dicencang tiada putus.
19.    Peter seorang pelajar yang pandai, bahkan ia pernah meraih medali emas tingkat internasiaonal di Ball dalam lomba Fisika. Namun, ia tidak sombong dengan kepandaiannya itu. Ia selalu sopan dan baik kepada siapa saja.
Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan kehidupan di atas adalah ....
a.     Seperti ilmu padi kian berisi kian runduk
b.     Bagai air di atas daun talas.
c.     Tak ada gading yang tak retak
d.     Bagai Bumi dengan langit
e.     Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul.
20.    Orang itu terlalu besar hati untuk memenangkan perlombaan pidato itu.
Ungkapan yang semakna dengan ungkapan di atas adalah ....
a.     Janganlah kecil hati dalam menghadapi segala masalah.
b.     Janganlah tinggi hati walaupun kita pintar dan kaya.
c.     Janganlah berat hati dalam melakukan suatu pekerjaan.
d.     Berlapang hatilah dalam menghadapi semua cobaan.
e.     Saya tidak sampai hati untuk meninggalkan dia seorang diri.
21.    Dalam teknik penokohan/perwatakan, karakter tokoh dapat dikemukakan melalui cara berikut ini, kecuali ....
a.     Penggambaran fisik
b.     Penggambaran oleh tokoh lain
c.     Penjelasan pengarang
d.     pengungkapan jalan pikir tokoh
e.     penggambaran lingkungan tokoh
22.    Bacalah dengan saksama penggalan cerpen berikut!
Bagi hari sendiri, Titisari merupakan potret idaman hatinya. Rambutnya yang setengah tersanggul sederhana dan beberapa bagian dibiarkan terlepas menutup tengkuknya. Bibirnya yang tipis memerah asli, bukan polesan lipstick seperti gadis-gadis kota. Begitu pula kebaya dan kainnya yang sangat sederhana, membuat pesona indah di hati Hari.
Nilai Budaya yang terkandung dalam penggalan cerpen tersebut ialah ....
a.     Gadis cantik yang menjadi idaman,
b.     Bibir tipis yang memerah asli.
c.     Pakaian kain dan kebaya
d.     Sebagian rambut disanggul dan sebagian lagi diikat.
e.     Kesederhanaan yang membawa keindahan.
23.    ....................
Sepi menyanyi
Malam dalam mendoa tiba
Meriak muka air kolam jiwa
                                (Chairil Anwar)
Perasaan yang diungkapkan penyair dalam puisi di atas adalah ...
a.     suasana sepi untuk menyanyikan
b.     berdoa dalam suasana sepi di tepi kolam
c.     suasana sepi saat berdoa di tepi kolam yang beriak
d.     suasana sepi yang indah dan mendebarkan
e.     jiwa yang tenang dalam nyanyian sepi di tepi kolam yang beriak.
24.    Pengulangan kata dalam baris-baris puisi untuk menegaskan maksud adalah pengertian ....
a.     metafora
b.     litotes
c.     paralelisme
d.     metonimia
e.     paradoks
25.    Karsim menjadi .... di kampungnya karena ia berhasil menyelamatkan anak yang hampir tertabrak mobil.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
a.     berat bibir
b.     buah bibir
c.     menghapus bibir
d.     panjang bibir
e.     tipis bibir
26.    Kata yang bernilai rasa rendah adalah ...
a.     Sudah sebulan Sukri merantau ke kota
b.     Siswa siswi smk magang di perusahaan itu
c.     Banyak anak kurang mampu yang putus sekolah
d.     Para gadis desa itu dipekerjakan sebagai pelayan toko di Hongkong
e.     Rumahnya habis dilalap si Jago merah
27.    Novel ini memberikan kepada pembaca lebih dari yang kita harapkan. Dengan membaca buku ini, pembaca akan mendapat pelajaran, pengalaman batin, serta amanat, meskipun tema yang dikemukakan digali dari adat tradisional yaitu kawin paksa namun cukup mampu membuka cakrawala pembaca.
Pendapat di atas adalah komentar atas suatu novel dari segi .....
a.     Manfaat
b.     Tema
c.     Bahasa
d.     Keunggulan isi aspek sastra
e.     Manfaat dan tema

28.    Cermati lirik lagu berikut!
...........................
Kemarin kau masih bersamaku
Bercumbu dan merayu
Adakah hari esok untuk kita bercinta
Seperti apa yang kita lewati
Mengapa terlalu cepat kau pergi
Tinggalkan batu nisan
Kenyataan ini begitu memilukan
 ingin kurasa turut serta
Makna ungkapan pergi pada lirik lagu di atas adalah ....
a.     Meninggalkan dunia
b.     Meninggalkan pacarnya
c.     Tidak pernah kembali
d.     Tidak ada kesempatan
e.     Sangat menyedihkan
29.    Di bawah ini yang termasuk unsur fiksi puisi, kecuali....
a.     diksi
b.     pengimajian
c.     bahasa
d.     rima
e.     tema
30.    Bacalah dengan seksama penggalan puisi berikut!

Setipis alismu, bulan tersenyum padaku
Melepas dua merpati yang kini bersarang di bukit jauh
Dimana rindu adalah sungai yang melambai
Dan tak akan kembali
                                                       (Al Muttaqin)
Majas yang terdapat dalam penggalan puisi di atas adalah ....
a.      Metafora
b.     Paradoks
c.      Personifikasi
d.     Hiperbola
e.      Ironi
31.    Bacalah data berikut!
          Idrus lahir pada tahun 1921 di Padang. Sastrawan yang berasal dari Minangkabau ini berpendidikan sekolah menengah. Ia mulai menulis lukisan-lukisann, cerpen, dan drama sesudah Jepang mendarat dalam tahun 1942.
          Karya-karya Idrus yang lain adalah (1) AKI, (2) Perempuan dan Kebangsaan (novel Majalah Indonesia Film I no. 4,1939), (3) Jibaku Aceh (drama tunggal), (4) Dokter Bisma (drama), (5) Keluarga Suroso (drama 4 babak).
Kutipan di atas merupakan bagian dari ....
a.          Otobiografi
b.          Resensi
c.          Biografi
d.          Kritik
e.          Esay
32.    Cermati kalimat berikut!
Pejabat sering mempunyai bini lebih dari satu bahkan ada yang mempunyai tiga bini, walau yang tercatat hanya satu.
Kata yang bergaris bawah mengandung perubahan makna .....
a.     Meluas
b.     Menyempit
c.     Ameliorasi
d.     Sinestesia
e.     Peyorasi
33.      Bacalah penggalan proposal berikut dengan  saksama!
Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk: 1. Memperat hubungan antarsiswa di SMA ini. 2. Memacu kreativitas dalam bidang fotografi. 3. Membentuk kegiatan remaja yang positif.
Bagian proposal tersebut termasuk ....
a.      Latar belakang
b.     Kepanitiaan
c.      Dasar pemikiran
d.     Anggaran
e.      Tujuan
34.      Bacalah penggalan proposal berikut dengan saksama!
Kegiatan ini akan diikuti 40 peserta dengan rincian 40 peserta dengan rincian 10 peserta dari pengurus OSIS dan 30 peserta perwakilan dari tiap kelas.
Penggalan proposal tersebut termasuk bagian ....
a.     Latar belakang
b.     Tujuan
c.     Waktu pelaksanaan
d.     Penutup
e.     Peserta kegiatan
35.      Hal yang tidak perlu dicantumkan dalam proposal bakti sosial ialah ....
a.     Dasar pemikiran
b.     Tujuan
c.     Usulan, pendapat, dan saran
d.     Bentuk atau jenis kegiatan
e.     Penutup
36.      Dibawah ini yang bukan tujuan pembuatan proposal adalah ....
a.     Untuk melakukan suatu kegiatan
b.     Memberikan masukan untuk keputusan
c.     Meminta dukungan pihak berwenang
d.     Meminta persetujuan atau izin pihak berwenang
e.     Memohon bantuan dana.
37.      Cermati kerangka proposal acak berikut!
Studi banding ke SMK Bina Patria Sukoharjo.
1.     Tujuan
2.     Hipotesis
3.     Ruang lingkup
4.     Rumusan masalah
5.     Latar belakang
6.     Penutup
Urutan kerangka proposal yang tepat adalah ....
a.                  1, 3, 5. 4, 2, 6
b.                 5, 4, 3, 2, 1, 6
c.                  5, 4, 1, 3, 2, 6
d.                 5, 3, 4, 1, 2, 6
e.                  5, 4, 2, 1, 3, 6
38.      Judul buku                        : Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan tinggi
Pengarang                         : E. Zaenal Arifin, S. Amran Tasai.
Penerbit/tempat/tahun      : Akademika Pressindo, Jakarta, 2000.
Penulisan daftar pustaka berdasarkan sumber di atas adalah ....
a.          Arifin, E. Zaenal dan Tasai. S. Amran. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
b.          Zaenal Arifin, Tasai. S. Amran. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
c.          Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
d.          Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2000. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Akademi Pressindo: Jakarta.
e.          Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai. 2000- Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika  Pressindo.
39.      Perhatikan judul proposal dan jenis kegiatan berikut!
Proposal
Kunjungan ke Daerah Terkena Bencana Alam
Jenis kegiatan
1.Pasar murah
2.Pengobatan gratis
3.Seminar tanggap bencana
4.Lomba memasak nonberas
5.Pelatihan penyelamatan diri
Jenis kegiatan yang sesuai dengan judul proposal di atas ditandai dengan nomor ....
a.     1
b.     2
c.     3
d.     4
e.     5
40.      Segala sesuatu yang disajikan beralasan dan masuk akal merupakan bahasa yang ....
a.     Logis
b.     Objektif
c.     Sistematis
d.     Efektif
e.     ambigu

II.   Jawablah pertanyaan dengan benar dan tepat!

1.          Jelaskan perbedaan antara prosa dengan puisi!
2.          Buatlah sebuah iklan tentang lowongan pekerjaan!
3.          Bagaimanakah cara ataupun tahapan dalam  pembuatan resensi?
4.          Buatlah latar belakang masalah tentang kenakalan remaja!

5.          Sebutkan sistematika proposal semiformal!

Komentar