RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELOMPOK TEKS EKSPOSISI
Satuan Pendidikan : SMP Dinas
Pendidikan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Waktu : 12 jam pelajaran (4 x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI. 1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI. 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI. 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5 Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa
artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar
dan dibaca
|
3.5.1
Menyebutkan
pengertian teks eksposisis
3.5.2
Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
3.5.3
Menentukan pola pengembangan teks
eksposisi
|
4.5 Menyimpulkan isi teks eksposisi (artikel ilmiah
populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca
|
4.5.1 Menyimpulkan teks eksposisi berdasarkan gagasan utama
4.5.2 Menyebutkan jenis-jenis paragraph dalam teks
eksposisi
|
3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi
(berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
|
3.6.1 Menentukan stuktur
teks eksposisi
3.6.2 Menentukan penggunaan kaidah bahasa dalam teks
eksposisi
3.6.3 Menyusun kerangka teks
eksposisi
|
4.6 Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk
teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan
struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan
|
4.6.1 Menyunting teks
eksposisi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah membaca teks eksposisi, peserta didik dapat:
a. Menyebutkan
pengertian teks eksposisis
b. Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
c. Menentukan
pola pengembangan teks eksposisi
Fokus
penguatan karakter
-
cermat
-
Teliti
Pertemuan Kedua
Setelah membaca teks eksposisi, peserta didik dapat:
a.
Menyimpulkan teks eksposisi berdasarkan
gagasan utama
b. Menyebutkan
jenis-jenis paragraph dalam teks eksposisi
Fokus penguatan
pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya diri
Pertemuan Ketiga
Setelah mengamati teks eksposisi, peserta didik
dapat:
a.
Menentukan
stuktur teks eksposisi
b.
Menentukan penggunaan kaidah bahasa dalam teks
eksposisi
c.
Menyusun
kerangka teks eksposisi
Fokus
penguatan pendidikan karakter :
-
Cermat
-
Teliti
-
Percaya diri
Pertemuan
Keempat
Setelah mengamati teks eksposisi, peserta didik
dapat:
a. Menyunting
teks eksposisi
Fokus penguatan pendidikan karakter :
-
Kesantunan
-
Tanggung jawab
-
Percaya diri
A.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
Pertemuan Pertama
(1) Faktual
PENDIIDKAN KARAKTER
Usia remaja yang
berkisar antara 10-21 tahun merupakan fase transisi dari masa anak-anak ke
masa awal dewasa. Pada usia remaja, anak cenderung mencari identitas dirinya.
Hal itu karena pada usia remaja, seseorang mengalami gejolak emosi yang
sangat labil. Adanya perubahan tinggi badan, berat badan, dan mulai adanya
ketertarikan terhadap lawan jenis akan berpengaruh terhadap psikologisnya.
Kondisi itu
merupakan masa sulit bagi remaja sehingga diperlukan pengendalian diri yang
kuat saat berada di sekolah, rumah, dan lingkungan tempat bermain.fase
transisi ini, anak perlu mendapat perhatian dan pendidikan karakter.
Kurangnya kesadaran akan pendidikan karakter menyebabkan sejumlah anak
terjerumus pada hal-hal yang negatif karena tidak berhasil mengatasi
pergolakan emosi dalam dirinya. Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal
negatif, remaja harus dibekali dengan pendidikan karakter.
Sebagian orang
mungkin belum mengetahui tentang pendidikan karakter. Pendidikan adalah
proses perunbahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam
usaha mendewasakan manusia atau diri melalui upaya pengajaran dalam latihan,
proses, cara, dan perbuatan mendidik. Sementara itu, karakter adalah watak
atau perilaku seseorang. Dengan demikian, pendidikan karakter adalah
pendidikan yang mengajarkan anak untuk berperilaku jujur, sopan, santun,
kreatif, percaya diri, dan peduli.
Pendidikan
karakter penting diberikan untuk membantu remaja dalam mengendalikan emosinya
sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif. Pendidikan kognitif
saja tidak cukup untuk membentuk kemampuan bersosialisasi seseorang. Oleh
karena itu, diperlukan juga pengendalian emosi yang baik agar dapat
bersosialisasi dalam lingkungannya. Pengendalian diri ketika tidak menyukai sesuatu,
marah, senang, kecewa, dan bingung dapat membantu seseorang menjadi lebih
dewasa.
Pendidikan
karakter dapat menubah anak menjadi pribadi yang berprestasi dan kreatif.
Selain itu, dengan pendidikan karakter, anak akan memiliki sikap lebih peka
terhadap lingkungan sekitarnya, mengajarkan nilai toleransi, memiliki sifat
saling mengasihi, berbudi pekerti, cinta damai, mandiri, memiliki rasa ingin
tahu, menjadi lebih religius, dan perilaku positif lainnya.
Nialai-nilai
positif dalam pendidikan karakter yang diberikan kepada anak usia remaja
dapat membentuk mereka menjadi remaja yang uunggul dan berprestasi. Dengan
pendidikan karakter, mereka akan mampu bersaing dengan baik di segala bidang,
baik tingkat nasional maupun internasional. Dengan kata lain, remaja yang
memperoleh pendidikan karakter akan menjadi generasi penerus bangsa yang
andal dan memajukan bangsa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
pendidikan karakter dapat membentuk remaja yang unggul, dapat dibanggakan
secara fisik, stabil dalam emosi, dan memiliki kecerdasan intelektual.
Berdasarkan hal tersebut, alangkah baiknya pendidikan karakter diterapkan
pada anak usia remaja karena dapat memberikan banyak manfaat positif.
Sumber : Buku Teks Pendamping Bahasa
Indonesia kelas VIII Tahun 2017 halaman 61-62, Yadi Mulyadi, dkk.
|
(2)
Konsep
a. Definisi
teks eksposisi
b. Unsur-unsur
teks eksposisi
-
Permasalahan
-
Argumentasi
-
Rekomendasi
c. Fakta
dan opini dalam teks eksposisi
d. Pola
pengembangan teks eksposisi
-
Definisi
-
Contoh/ ilustrasi
-
Pertentangan atau perbandingan
-
klasifikasi
Pertemuan Kedua
(1)
Faktual
Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan
Semut Jepang yang oleh masyarakat Jepang disebut ari ternyata dipercaya memiliki banyak
manfaat bagi tubuh manusia. Sebenarnya, terdapat lebih dari 150 jenis semut
Jepang, antara lain Pachyondyla
pilosior, losius talpa, polyergus samurai, dan stenamma owatoni. Namun, dari sekian banyak semut Jepang,
ciri-cirinya bias dibilang sangatlah mirip.
Masyarakat Jepang sudah hafal betul manfaat semut Jepang bagi
kesehatan. Mereka sering menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada
wisatawan. Semut Jepang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah
enzim yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur kadar kolesterol,
meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur tekanan darah,
meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut Jepang
juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun, hal
tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
Meskipun semut Jepang memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap
memeriksakan penyakit Anda pada dokter. Semut Jepang sebaiknya hanya
dijadikan sebagai obat alternatif.
|
(2)
Konsep
a. Simpulan
konsep teks eksposisi
b. Jenis-jenis
teks eksposisi
(3) Prosedur
a. Menuliskan
simpulan berdasarkan gagasan utama
b. Mendaftar
gagasan pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi
Pertemuan Ketiga
(1) Faktual
MANFAAT AVOKAD BAGI KESEHATAN
Avokad sering disebut sebagai buah yang tak bersahabat bagi para
pengidap kolesterol tinggi. Namun, siapa sangka, buah yang berasal dari Benua
Amerika mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh sehingga
dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.
Manfaat yang pertama dari buah avokad adalah menjaga kesehatan
jantung. Hal ini disebabkan kandungan senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin
E, kalium, folat, dan pitosterol dalam buah tersebut. Kandungan-kandungan
tersebut sangat berperan untuk menjaga kesehatan organ jantung.
Manfaat yang kedua, buah avokad sangat baik untuk kesehatan kulit.
Hal ini terjadi karena avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak
omega 9, antioksidan, vitamin E, vitamin C, serta kolagen.
Kandungan-kandungan tersebut memberikan nutrisi bagi kulit sehingga kulit
tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.
Buah avokad juga sangat baik untuk diet. Lemak yang terdapat dalam
buah avokad dapat menjadi cadangan energy yang dapat bertahan lama. Perut
akan berada dalam keadaan kenyang dalam waktu relatif lama sehingga bias
menekan nafsu makan.
Yang tak kalah penting adalah buah ini memiliki manfaat yang luar
biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini disebabkan kandungan asam lemak tak
jenuh tunggal dan kalium dalam buah avokad mampu meningkatkan hormon insulin
untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.
Selain itu, buah avokad dipercaya sebagai buah pencegah stroke yang
cukup efektif. Penyebabnya adalah kandungan vitamin E dalam buah tersebut
dapat berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol sehingga bias
menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.
Demikian manfaat yang bias kita dapatkan dari buah kecil ini.
Meskipun ukurannya tidak besar, tetapi buah avokad mengandung manfaat yang
sangat besar bagi tubuh.
(Sumber : Buku Teks
Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII Tahun 2017 Halaman 76, Yadi Mulyadi,
dkk)
|
(2)
Konsep
a. Struktur
teks eksposisi
1) Pernyataan
umum (tesis)
2) Argumentasi
3) Penegasan
ulang
b. Komponen
detail bagian pada struktur teks eksposisi
c. Unsur
kebahasaan teks eksposisi
1) Istilah
teknis suatu bidang
2) Kalimat
aktif
3) Kalimat
pasif
d. Kaidah
ejaan bahasa Indonesia.
Pertemuan
Keempat
(1) Faktual
Objek : buah-buahan (nama buah disesuaikan dengan
nama kelompoknya)
(2) Konsep
a. Struktur
teks eksposisi
1) Pernyataan
umum (tesis)
2) Argumentasi
3) Penegasan
ulang
b. Komponen
detail bagian pada struktur teks eksposisi
c. Keterkaitan
antara bagian definisi umum dan deskripsi bagian
d. Unsur
kebahasaan teks eksposisi
1) Istilah
teknis suatu bidang
2) Kalimat
aktif
3) Kalimat
pasif
e. Kaidah
ejaan bahasa Indonesia.
(3)
Prosedur
a. Menyusun
kerangka teks eksposisi
b.
Menulis teks ekposisi tentang
obyek buah-buahan (mangga)
c.
Menyunting teks eksposisi
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menulis
teks eksposisi suatu objek dalam rekaman
video secara berkelompok.
3.
Materi
Pembelajaran Remedial
a. Kaidah
ejaan bahasa Indonesia
b. Menulis
teks eksposisi
c. Menyunting
teks eksposisi
B.
Metode
Pembelajaran
1. Saintifik
2.
Inquiry/
Discovery Learning
C.
Media
dan Bahan
a. Media
1) Gambar/foto
objek buah-buahan
2) Teks
eksposisi
3) Tabel
telaah teks eksposisi
4) LK
pemandu kegiatan
5) Laptop
6) Kartu
nama kelompok
b. Bahan
1) Kertas
asturo
2) Kertas
origami
3) Pita
hias
4) Kertas
A4
5) Lem/double tapes
6) Gunting,
spidol
D.
Sumber
Belajar
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung:
Yrama Widya, Hlm. 61-62
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung:
Yrama Widya, Hlm. 66
Mulyadi, dkk.
2017. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung:
Yrama Widya, Hlm. 76
Kamus Besar Bahasa
Indonesia (Elektronik)
Permendikbud
No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.30 November 2015.
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan dengan
teks eksposisi.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi tentang
objek (bidang pendidikan, sosial, budaya maupun ekonomi) yang didengar dan
dibaca.
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f. Guru
membentuk kelompok peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta
didik mencermati teks eksposisi yang ditayangkan dengan proyektor.
b. Peserta
didik menanyakan hal-hal yang belum
dimengerti tentang objek, tujuan,
kebahasaan, dan jenis teks dari tayangan teks eksposisi.
c. Peserta
didik mengumpulkan data tentang objek, tujuan,kebahasaan,dan jenis teks eksposisi
dari buku teks peserta didik.
d. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks dari tayangan teks
eksposisi, guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang
mengalami kesulitan.
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta
didik melaksanakan evaluasi tes tertulis.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi)hasil pembelajaran mengenai ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai ciri objek, tujuan, kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang ciri objek, tujuan, kebahasaan dan jenis teks eksposisi,
d. serta
menyampaikan tindak lanjut/ perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali ciri objek,
tujuan, kebahasaan, dan jenis teks eksposisi.
Pertemuan Kedua
(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal- hal yang berkaitan tentang
teks eksposisi.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu mengidentifikasi informasi dalam teks eksposisi tentang
objek buah-buahan (pendidikan karakter, semut jepang, dan manfaat avokad) yang didengar dan dibaca.
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta
didik membaca teks eksposisi yang berjudul Pendidikan Karakter.
b. Peserta
didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti tentang gagasan utama, simpulan konsep, jenis paragraf dari teks
yang berjudul Pendidikan Karakter.
c. Peserta
didik mengumpulkan data tentang gagasan
utama, simpulan konsep, jenis paragraf dari teks yang berjudul Pendidikan
Karakter .
d. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang gagasan utama, simpulan konsep
dan jenis paragraf dari teks yang berjudul Pendidikan karakter, guru memberikan
bimbingan khusus terhadap peserta didik
yang mengalami kesulitan.
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta
didik menyimak penguatan hasil diskusi
yang disampaikan guru.
h. Peserta
didik mengumpulkan hasil diskusi kelompok untuk diberi penilaian.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenaigagasan utama,
simpulan konsep dan jenis paragraf teks.
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan
mengenai gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraph teks eksposisi.
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraph teks
eksposisi.
d. serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
gagasan utama, simpulan konsep dan jenis paragraf teks eksposisi.
f. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat simpula peta konsep dari teks eksposisi lain.
Pertemuan Ketiga
(3 JP)
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang struktur, kaidah
kebahasaan dan langkah menyusun teks
eksposisi.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menelaah struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyusun dari
teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan, sosial, budaya,
kesehatan, maupun ekonomi) yang didengar dan dibaca
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
pengetahuan.
f. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta
didik mencermati teks eksposisi yang ditayangkan dengan proyektor.
b. Peserta
didik menayakan hal-hal yang berlum dimengerti tentang struktur, kaidah
kebahasaan dan langkah menyusun teks eksposisi.
c. Peserta
didik mengumpulkan data tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah
menyusun teks deskripsi dari buku teks peserta didik.
d. Peserta
didik berdiskusi mengerjakan lembar kerja tentang struktur, kaidah kebahasaan
dan langkah menyusunteks eksposisi dari tayangan, guru memberikan bimbingan
khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Peserta
didik mencermati penguatan tentang hasil diskusi yang disampaikan oleh guru.
h. Peserta
didik melaksanakan evaluasi tertulis.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai struktur,
kaidah kebahasan dan langkah menyusun teks eksposisi.
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai struktur, kaidah kebahasaan dan
langkah menyusun teks eksposisi.
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran tentang struktur, kaidah kebahasaan dan langkah menyususn teks
eksposisi.
d. serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
e. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali struktur,
kaidah kebahasaan dan langkah menyususn teks eksposisi.
Pertemuan
Keempat (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
a. Peserta
didik mengucapkan salam dan doa di awal pembelajaran.
b. Guru
memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang berkaitan dengan teks
eksposisi.
c. Guru menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai, yaitu menyajikan data, gagasan, kesan
dalam bentuk teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan, sosisal, budaya,
kesehatan, maupun ekonimi) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
d. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
e. Guru menyampaikan lingkup penilaian
keterampilan.
f. Guru
membentuk kelompok Peserta didik dengan peserta didik yang pandai menjadi ketua
kelompok dan Peserta didik lain menjadi anggota.
Kegiatan Inti
(100 menit)
a. Peserta
didik mengamati objek buah-buahan di lingkungan sekolah.
b. Peserta
didik menayakan hal-hal yang belum
dimengerti dari hasil pengamatan.
c. Peserta
didik mengumpulkan data tentang kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan
menyunting teks eksposisi.
d. Peserta
didik guru memberikan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang mengalami
kesulitan mengerjakan lembar kerja tentang tentang kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan cara menyunting teks eksposisi, guru memberikan bimbingan
khusus terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan.
e. Tiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
f. Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok lainnya.
g. Guru
memberikan penguatan hasil diskusi.
h. Peserta
didik mempublikasikan teks eksposisi di mading kelas.
Kegiatan Penutup
(10 menit)
a. Peserta
didik mereviu (mengulas, merefleksi) hasil pembelajaran mengenai gagasan utama dan
simpulan konsep teks eksposisi.
b. Guru
bersama peserta didik membuat simpulan mengenai kerangka teks, struktur,
kebahasaan, dan menyunting teks eksposisi.
c. Guru
bersama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajarankerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksposisi serta
menyampaikan tindak lanjut/perbaikan untuk kegiatan belajar berikutnya.
d. Guru
memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan
cara memberi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan kembali mengenai
kerangka teks, struktur, kebahasaan, dan menyunting teks eksposisi.
e. Peserta
didik mendapat tugas secara mandiri untuk membuat teks eksposisi berdasarkan suatu
objek (bidang pendidikan, sosial, budaya, kesehatan maupun ekonomi) secara
tertulis.
F.
Penilaian
Teknik penilaian
a. Sikap
-
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
-
Tes tertulis
c. Keterampilan
-
Produk
Instrumen
Penilaian
Pertemuan Pertama
-
Instrumen
penilaian sikap
JURNAL PERKEMBANGAN
SIKAP
Nama
Sekolah : SMP Dinas Pendidikan
Kelas/Semester : VIII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian
Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL KOGNITIF
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Eksposisi
|
3.5.1
Menyebutkan
pengertian teks eksposisi
3.5.2
Menentukan
unsur-unsur teks eksposisi
3.5.3
Menentukan pola pengembangan teks
eksposisi
|
1. Menyebutkan
4 pengertian teks eksposisi dari teks
berjudul Manfaat semut Jepang.
2. Menentukan
4 unsur gagasan utama teks eksposisi berjudul Manfaat semut Merah.
3. Menentukan 4 kalimat
aktif dan kalimat pasif teks eksposisi yang berjudul
Manfaat Semut Merah
4. Menentukan 4 fakta dan
opini dari teks eksposisi
yang berjudul Manfaat Semut Jepang
5. Menentukan
jenis teks eksposisi pada teks yang dibaca/didengar
|
1
2
3
4
5
|
-
Instrumen
Soal
Tes
tertulis
Bacalah
teks deskripsi berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan
Semut Jepang yang oleh masyarakat Jepang disebut ari ternyata dipercaya memiliki banyak
manfaat bagi tubuh manusia. Sebenarnya, terdapat lebih dari 150 jenis semut
Jepang, antara lain Pachyondyla
pilosior, losius talpa, polyergus samurai, dan stenamma owatoni. Namun, dari sekian banyak semut Jepang,
ciri-cirinya bias dibilang sangatlah mirip.
Masyarakat Jepang sudah hafal betul manfaat semut Jepang bagi
kesehatan. Mereka sering menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada
wisatawan. Semut Jepang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sejumlah
enzim yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur kadar kolesterol,
meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur tekanan darah,
meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut Jepang
juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun, hal
tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
Meskipun semut Jepang memiliki banyak
manfaat, sebaiknya Anda tetap memeriksakan penyakit Anda pada dokter. Semut
Jepang sebaiknya hanya dijadikan sebagai obat alternatif.
|
1. Tulislah
pengertian yang terdapat dalam teks
eksposisi di atas!
2. Tulislah
4 unsur yang terdapat dalam teks ekspsosisi
di atas!
3. Tulislah
4 kalimat aktif dan kalimat pasif dalam teks eksposisi di atas!
4. Tulislah
4 fakta dan opini dalam teks eksposisi di atas!
5. Jenis
teks berjudul Manfaat Semut Jepang termasuk jenis teks eksposisi .......
RUBRIK PENILAIAN DAN
PEDOMAN PENSKORAN
No Soal
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
a.
Menuliskan 4 pengertian
yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
b.
Menuliskan 3 pengertian
yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
c.
Menuliskan 2 pengertian
yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
d.
Menuliskan 1 pengertian
yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Mnfaat Semut Jepang dengan benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH
SKOR
|
4
|
2.
|
a.
Menuliskan 4 unsur yang
terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
b.
Menuliskan 3 unsur yang
terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Manfaat Semut Jepang dengan benar.
c.
Menuliskan 2 unsur yang
terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan benar.
d.
Menuliskan 1 unsur yang
terdapat dalam teks eksposisi berjudul
Manfaat Semut Jepang dengan benar.
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
3.
|
a.
Menuliskan 4 kalimat
aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat
Semut Jepang dengan benar.
b.
Menuliskan 3 kalimat
aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat
semut Jepang dengan benar.
c.
Menuliskan 2 kalimat
aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat
semut Jepang dengan benar.
d.
Menuliskan 1 kalimat
aktif dan kalimat pasif yang terdapat dalam teks eksposisi Manfaat semut
Jepang dengan benar
|
4
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
4.
|
a.
Menuliskan 4 fakta
dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang
dengan benar.
|
4
|
|
b.
Menuliskan 3 fakta
dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
c.
Menuliskan 2 fakta
dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
d.
Menuliskan 1 fakta
dan opini yang terdapat dalam teks eksposisi berjudul Manfaat Semut Jepang dengan
benar.
|
3
2
1
|
|
JUMLAH SKOR
|
4
|
5.
|
Menuliskan
jenis teks eksposisi Manfaat Semut Jepang dengan benar.
|
4
|
|
JUMLAH SKOR TOTAL
|
20
|
-
Kunci
Jawaban
1. Teks
eksposisi adalah teks yang bertujuan menguraikan suatu permasalahan atau
pengertian dan bahasa yang padat, singkat, dan akurat.
2. Unsur-unsur
teks eksposisi:
a. Permasalahan
Semut Jepang mengandung sejumlah enzim yang dapat
menyembuhkan berbagai penyakit.
b. Argumentasi
Manfaat semut Jepang diantaranya dapat mengatur
kadar kolesterol, meringankan penyakit jantung, meringankan diabetes, mengatur
tekanan darah, meringankan penyakit hati, dan mengatasi penyakit asam urat. Semut
Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu pengobatan penyakit stroke. Namun,
hal tersebut bergantung pada tingkat keseriusan penyakit stroke yang diderita.
Bila stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, semut Jepang tidak dapat
mengobati, tetapi hanya meringankan.
c.
Rekomendasi
Meskipun
semut Jepang memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap memeriksakan
penyakit Anda pada dokter. Semut Jepang sebaiknya hanya dijadikan sebagai obat
alternatif.
3. Kalimat aktif
a.
Mereka sering
menawarkan semut tersebut sebagai oleh-oleh kepada wisatawan.
b.
Meskipun semut Jepang
memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda memriksakan penyakit Anda pada dokter.
Kalimat pasif
a.
Pedoman Penilaian:
Skor =
jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK
(LKPD 1)
3.1
Mengidentifikasi
informasi dalam teks eksposisi tentang objek (bidang pendidikan sosial, budaya,
kesehatan maupun ekonomi) yang didengar dan dibaca.
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
MANFAAT
AVOKAD BAGI KESEHATAN
Avokad sering disebut sebagai buah yang tak
bersahabat bagi para pengidap kolesterol tinggi. Namun, siapa sangka, buah yang
berasal dari Benua Amerika mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting
untuk tubuh sehingga dapat memberikan sejuta manfaat bagi orang yang mengonsumsinya.
Manfaat yang pertama dari buah avokad adalah
menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan senyawa asam oleat tak
jenuh, vitamin E, kalium, folat, dan pitosterol dalam buah tersebut.
Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan untuk menjaga kesehatan organ
jantung.
Manfaat yang kedua, buah avokad sangat baik
untuk kesehatan kulit. Hal ini terjadi karena avokad mengandung lemak tak jenuh
tunggal, asam lemak omega 9, antioksidan, vitamin E, vitamin C, serta kolagen.
Kandungan-kandungan tersebut memberikan nutrisi bagi kulit sehingga kulit
tampak lebih sehat dan segar dari waktu ke waktu.
Buah avokad juga sangat baik untuk diet. Lemak
yang terdapat dalam buah avokad dapat menjadi cadangan energy yang dapat
bertahan lama. Perut akan berada dalam keadaan kenyang dalam waktu relatif lama
sehingga bias menekan nafsu makan.
Yang tak kalah penting adalah buah ini
memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah diabetes. Hal ini disebabkan
kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan kalium dalam buah avokad mampu
meningkatkan hormon insulin untuk menyeimbangkan kadar glukosa di dalam darah.
Selain itu, buah avokad dipercaya sebagai buah
pencegah stroke yang cukup efektif. Penyebabnya adalah kandungan vitamin E
dalam buah tersebut dapat berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol
sehingga bias menghindarkan seseorang terkena penyakit yang mematikan tersebut.
Demikian manfaat yang bias kita dapatkan dari
buah kecil ini. Meskipun ukurannya tidak besar, tetapi buah avokad mengandung
manfaat yang sangat besar bagi tubuh.
(Sumber : Buku Teks
Pendamping Bahasa Indonesia Kelas VIII Tahun 2017 Halaman 76, Yadi Mulyadi,
dkk)
Objek teks eksposisi bersifat khusus dengan ciri tertentu yang
berbeda dengan
umumnya.
1. Daftarlah
hal-hal yang berhubungan dengan manfaat buah avokad dari teks eksposisi di
atas!
NO
|
OBJEK/ HAL YANG
DIDESKRIPSIKAN
|
1.
|
Mencegah
stroke
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Tujuan teks eksposisi menjelaskan tentang objek
dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat dari sudut pandang penulis
2. Daftarlah
tujuan yang akan dicapai dari keempat teks di atas!
NO
|
TUJUAN
|
1.
|
Menjelaskan
manfaat buah avokad
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
Teks eksposisi di atas menggunakan kalimat aktif dan kalimat pasif.
3. Carilah
kalimat aktif dan kalimat pasif pada teks eksposisi kata yang dicontohkan di
atas dengan mengisi tabel berikut!
NO
|
KALIMAT PASIF
|
KALIMAT PASIF
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
Pertemuan Kedua
-
Instrumen penilaian
sikap
JURNAL PERKEMBANGAN
SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen Penilaian
Keterampilan
KISI-KISI TES
KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks Deskripsi
|
a. Menuliskan
kata-kata kunci berdasarkan objek yang diamati
b. Mendaftar
kata-kata kunci sebagai bahan penulisan
teks deskripsi
c. Membuat
peta konsep teks deskripsi dari kata-kata kunci.
|
Susunlah
teks deskripsi berdasarkan kata-kata kunci dari teks berjudul Si Bagas,
Kelinciku!
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN
PEDOMAN PENSKORAN
ASPEK
|
SKOR
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks
tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor =
jumlah perolehan angka seluruh aspek
Pertemuan Ketiga
-
Instrumen penilaian
sikap
JURNAL PERKEMBANGAN
SIKAP
Nama
Sekolah : SMP…………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
KISI-KISI
TES TERTULIS
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP
MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK
KERJA
|
NO
SOAL
|
|
Pengetahuan
|
Teks Deskripsi
|
1.2.1
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
1.2.2
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1.
Menentukan
bagian struktur teks deskripsi.
2.
Menentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi dengan tepat.
|
1
2
|
-
Instrumen
Soal
Tes tertulis
1. Bacalah
teks deskripsi berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Ibu,
Inspirasiku
Ibuku
bernama Wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. Cocok sekali dengan
namanya yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti
semut beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa. Beliau tidaklah
tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun
kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini
sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Ibu
adalah wanita yang sangat baik. Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada
siapa saja. Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam
kesusahan. Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk
selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. Ibuku melanjutkan ke jenjang S-2.
Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya. Belajar terus sepanjang hayat, itulah
semboyannya.
|
2. Tentukan
bagian struktur teks deskripsi teks deskripsi di atas!
3. Tentukan
ciri kebahasaan teks deskripsi di atas!
RUBRIK PENILAIAN DAN
PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tepat.
b. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan kurang tepat.
c. Menentukan
struktur dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan tidak tepat.
|
3
2
1
|
2.
|
a. Menuliskan
4 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
b. Menuliskan
3 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
c. Menuliskan
2 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
d. Menuliskan
1 ciri kebahasaan dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku dengan
benar.
|
4
3
2
1
|
-
Kunci
Penilaian
1. Struktur
dalam teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
Identifikasi
Ibuku
bernama Wulandari.Mukanya selalu bersinar seperti bulan.Cocok sekali dengan namanya
yang berarti bulan bersinar. Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut
beriring. Kulit ibuku sawo matang, khas wanita Jawa.Beliau tidaklah tinggi,
tidak pula pendek.Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 tahun kulihat
rambutnya masih legam tanpa semir. Pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai
sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.
Deskripsi
bagian
Ibu adalah
wanita yang sangat baik.Dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja.
Dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan.
Profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan
kebaikan kepada sesama.
Simpulan
Meskipun
sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu.Ibuku melanjutkan ke jenjang
S-2.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.Tetapi,
sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya.Sambil bernyanyi kecil dia
mengerjakan tugas kuliahnya.Belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.
2. Ciri
kabahasaan teks deskripsi berjudul Ibu, Inspirasiku
a. Kata
benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang menjelaskan)
Ibu adalah wanita yang sangat baik
b. Kalimat
yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan.
Mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring
c. Kata
Berimbuhan pada Teks Deskripsi
Mengokohkan, menikmati
d. menggunakan kata bersinonim
bersinar, bercahaya
Pedoman Penilaian
Skor =
jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK
(LKPD 3)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Bacalah teks dibawah ini kemudian kerjakan tugas berikut!
PARANGTRITIS NAN INDAH
Salah
satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis.Tepatnya Pantai
Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa
Yogyakarta.Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan
Pantai Parangtritis sangat memesona.Di sebelah kiri, terlihat tebing yang
sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang
seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Pantai bersih
dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan
pantai serasa sempurna di sore hari.Di sore hari, kita bisa melihat matahari
terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Lukisan alam yang sungguh
memesona.Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang
tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Rasa hangat berbaur
dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.Seakan tersihir
kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan
air laut.
Banyaknya
wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini
tidak pernah sepi dari pengunjung.Di pantai Parangtritis ini kita bisa
menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua muda menikmati embusan segar
angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa
membawa kita ke areakarang laut yang sungguh sangat indah.
1. Struktur
teks deskripsi di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
TEKS
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
2. Ciri
Kebahasaan teks deskripsi di atas!
NO
|
STRUKTUR
|
KATA/KALIMAT
|
1.
|
Kata benda dan kata yang mengikuti kata benda (yang
menjelaskan)
|
|
2.
|
Kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan
dirasakan.
|
|
3.
|
Kata Berimbuhan pada Teks Deskripsi
|
|
4.
|
Menggunakan kata
bersinonim
|
|
Pertemuan
Keempat
-
Instrumen penilaian
sikap
JURNAL PERKEMBANGAN
SIKAP
Nama
Sekolah : SMP …………………
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun
pelajaran : 2017/ 2018
No
|
Waktu
|
Nama Peserta didik
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ttd
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
-
Instrumen
Penilaian Keterampilan
KISI-KISI TES
KETERAMPILAN
NO
|
LEVEL
|
LINGKUP MATERI
|
INDIKATOR
|
PETUNJUK KERJA
|
NO SOAL
|
|
Keterampilan
|
Teks Deskripsi
|
4.2.1 Membuat kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
1. Buatlah kerangka teks sesuai dengan struktur teks deskripsi
|
|
4.2.2 Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
4.2.3
Mengomunikasikan
objek wisata yang telah ditulisnya secara lisan.
|
2. buatlah
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
RUBRIK PENILAIAN DAN
PEDOMAN PENSORAN
ASPEK
|
SKOR
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kelengkapan
struktur (identifikasi umum, deskripsi rincian,penutup)
|
-
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Tiga
unsur struktur terpenuhi
|
Hanya
satu unsur terpenuhi
|
Ketepatan
isi pada setiap struktur
|
Semua
gambaran umum objek,gambaran rincian objek pada setiap bagian struktur teks
tepat.
|
Terdapat
satu bagian gambaran umum dan rincian
objeknya tidak tepat.
|
Terdapat
dua bagian struktur yang gambaran uumum dan rincian objeknya tidak tepat
|
Semua
bagian struktur yang gambaran dan rincian objeknya tidak tepat
|
Ketepatan
penggunaan bahasa
|
Penggunaan
kata emotif, kata depan di dan ke, dan konjungsi tepat
|
Terdapat
satu penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
dua penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Terdapat
tiga penggunaan unsur bahasa yang tidak tepat
|
Kreativitas
penggunaan bahasa
|
Terdapat
empat atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
tiga atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
dua atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Terdapat
satu atau lebih kekhasan dalam penggunaan diksi
|
Pedoman Penilaian
Skor =
jumlah perolehan angka seluruh aspek
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK
(LKPD 4)
Nama Peserta didik/Kelomok : ................................................................
Kelas/Kelompok : ................................................................
Membuat
kerangka teks sesuai dengan struktur
teks deskripsi dan Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan
tentang obyek wisata
NO.
|
HAL
|
HASIL
|
1.
|
Kerangka
teks sesuai dengan struktur teks
deskripsi
|
|
2.
|
Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah penggunaan kata kalimat/tanda baca/ejaan tentang obyek wisata
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ……………………………,
………………………………
NIP …………………………
|
…………………., Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
Thomas Christian W., M.Pd
NIP …………………………..
|
Matur nembah nuwun, sangat membantu diriku.
BalasHapus