BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Dasar Pemikiran
Kreatifitas adalah
bentuk luapan rasa atau jiwa yang dimiliki manusia. Kreatifitas ini adalah
hasil dari suatu eksplorasi rasa akan momentum atau pengalaman individu
seseorang. Olah rasa ini kemudian mengasah kepekaan manusia terhadap lingkungan
dan dirinya. Kritik social, politik dan budaya adalah sebagian dari
perwujudannya. Akan tetapi hakekat kreatifitas ini adalah sebuah anugrah sang
pencipta yaitu daya cipta, sehingga selayaknyalah apabila kreatifitas kemudian
dijadikan pula sebagai perwujudan rasa syukur manusia kepada sang pencipta.
Sejalan dengan
pemikiran tersebut, perlu ditingkatkan intensitas pembinaan kegiatan kesiswaan
melalui ekstrakurikuler sebagai aktualisasi dan optimasi dari ilmu pengetahuan
dan teknologi yang diperoleh siswa dari proses pembelajaran dalam berbagai mata
pelajaran atau bidang studi.
Proses kreatif atau
inovasi merupakan sebuah kemampuan manusia untuk berkehidupan lebih baik.
Proses pemunculan pemikiran yang terjadi pada manusia untuk meningkatkan
efisien daya cipta manusia, proses-proses itu akan mengungkapkan dan melahirkan
suatu inovasi.
Seni musik adalah salah
satu wujud dari pembelajaran seni kreatif. Melalui seni ini, Seseorang
diharapkan untuk mampu menghasilkan karya seni serta kepekaan terhadap
lingkungan semesta, baik semesta sosial, semesta alam, dan semesta
individualistic. Perwujudan kreatifitas siswa dalam menciptakan sebuah karya
adalah bervariasi, sesuai dengan daya kreasi ciptanya itu sendiri. Karya-karya
itu dapat berupa novel, cerpen, cermin, maupun puisi, dan lain sebagainya.
Melalui seni musik, kita belajar untuk mengeksplor daya kreatif, mengembangkan
rasa cinta dalam menghasilkan karya yang lebih baik.
Salah satu kegiatan
ekstrakurikuler yang menjadi media untuk membina siswa untuk mengembangkan daya
kreasinya adalah seni musik, disamping mengasah kemampuan daya cipta, seni
musik juga adalah salah satu program untuk mengembangtumbuhkan kepekaan estetik
siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang pada gilirannya dapat mempengaruhi
perkembangan “kecerdasan nalar”, selain kecerdasan emosi, sosial, spiritual,
bahasa, dan motorik serta sebagai materi bidang studi Seni Budaya (Seni musik).
B.
Landasan Program
1. Undang-undang
Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan
C.
Tujuan dan Sasaran Program
Kegiatan ekstrakurikuler seni musik
bertujuan agar:
Siswa dapat memperdalam dan memperluas
pengetahuan, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi
upaya pembinaan manusia seutuhnya dalam arti:
1.
beriman dan bertaqwa terhadap Alloh SWT
2.
berbudi pekerti luhur
3.
memiliki pengetahuan dan ketrampilan
4.
sehat jasmani dan rohani
5.
berkepribadian yang mantap dan mandiri
6.
memiliki rasa tanggung jawab
bermasyarakat dan berbangsa
Mengembang tumbuhkan
kepekaan estetik siswa siswi SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang pada gilirannya
dapat mempengaruhi perkembangan “kecerdasan nalar”, selain kecerdasan emosi,
sosial, spiritual, bahasa, dan motorik serta sebagai materi bidang studi Seni
Budaya (Seni musik).
Eksistensi siswa di
bidang seni musik baik dalam lingkup internal SMA Muhammadiyah 1 Semarang dan
Eksternal SMA/MA wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Sasaran program kegiatan
ekstrakurikuler adalah Siswa SMA Muhammadiyah 1 Semarang kelas VII, VIII, dan
IX
BAB
II
PROGRAM
KERJA SENI MUSIK
SMA
MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
A. Program Kegiatan
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Orientasi kepada siswa sasaran,
koordinasi dengan waka kesiswaan
Pendaftaran tim/kelompok grup musik
Pembinaan Menentukan jenis lagu yang
diperdengarkan dan mengidentifikasi elemen-lemen musik, Irama, tempo, nada,
diamika dari beragam lagu.
Pembinaan menghasilkan suatu jenis lagu karya sendiri.
Menuliskan/mengutarakan
keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang dibuat
Pembinaan dalam Menuliskan pola irama,
nada, dinamika lagu yang telah dibua.
Pengarahan rekaman.
Pembuatan Video Clib.
Pemantapan musikalitas dan publikasi hasil
|
Agustus
Agustus
Agustus
September
September
September
Oktober
Oktober
November
|
B. Fasilitas yang Dibutuhkan
NO
|
FASILITAS
|
KETERANGAN
|
1
2
|
Tempat/Ruang pertemuan
Alat-alat dan prasarana musik
|
Sesuai kebutuhan
Sesuai kebutuhan
|
C.
Target kegiatan per semester
1. Internal : Penampilan seni musik (membuat lagu karya sendiri, rekaman, pembuatan video
clib dan pengisi acara perpisahan sekolah)
2. Eksternal : Pengiriman delegasi (mengirim lagu ke radio, festival,
parade, atau event di luar sekolah)
BAB
III
PENUTUP
Demikian program Ekstrakurikuler
seni musik ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan baik dari segi materi maupun non
materi.
Akhirnya kami berharap
semoga apa yang telah direncanakan ini dapat terlaksana serta berjalan dengan
baik dan lancar serta memberi manfaat pada kita semua.
GURU PEMBINA
THOMAS CHRISTIAN
W.,M.PD
Komentar
Posting Komentar