EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

Bagi Anda yg terjebak di lokasi banjir

Offroader nasional Julian Johan punya beberapa tips utk Åñdå. 😘

1. Nyetir di tmpt  banjir ngak perlu ngebut. Knapa ? Utk hindarin cipratan berlebih di ruangan mesin yg berpotensi bikin mogok.

2. Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 ( *mobil matic pindah ke L / 1*). Krn beban mobil lebih berat wkt nerjang banjir.

3. Ngak perlu resah urusan knalpot kmasukkan air. Knapa? Krn knalpot ngak akan bisa kmasukkan air slama mesin tetap nyala.

4. Ktimbang knalpot, yg hrs diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir.

5. Krn filter udara yg kmasukkan air ( cipratan dari menerjang banjir ) bs bikin mogok. Maka dari itu perlahan saat melintas.

6. Jika memungkinkan , hindari berhenti di tengah banjir. Krn saat mobil berhenti , permukaan air akan naik di ruang mesin.

7. Pd dasar-nya, mobil bermesin diesel lebih aman nerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat 'Waterproof'.

8. *Knapa ngak boleh terlalu di gas wkt lewat banjir ? Krn filter udara smakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air cipratan yg masuk ke ruang mesin.*

9. Slalu siaga & cermat. Tanpa disadari, yg bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sbelah.

10. Stelah mlewati genangan, jgn langsung mengebut. Cukup berbahaya krn kondisi rem kita masih sangat licin.

11. Cara mengeringkan rèm stelah mlewati genangan ? Cukup lakukan rem kecil ber-ulang² shg trasa menggigit kembali.

12. Utk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat brada di genangan banjir. Mengapa ?

13. *Menginjak kopling di genangan banjir membuat air msk ke transmisi. Berpotensi mrusak transmisi krn oli bercampur air.*

14. Jika bloom familiar dgn jln yg dilewati. Usahakan jgn melintas pinggir jln. Mkn aja ada slokan.

*Mohon maaf Nambahin*; klo mobil ngambang terseret arus, buka smua pintu biar mobil tenggelam & ban dpt traksi maju.

⛔ Dilarang menggunakan seat belt.

Kaca dibuka utk jaga² klo hrs evakuasi kluar mobil.

*Yg paling aman : ada banjir segra berhenti se-bloom nya. Lebih baik menunggu d.p. keseret arus / kesetrum listrik PLN bocor.*

Komentar