1. Berikut
adalah manfaat diskusi, kecuali. . ..
A. menanam sikap demokrasi
B. mengembangkan daya pikir
C. masalah terselesaikan dengan cara berdebat
D. menumbuhkan sifat kreatif
E. mengembangkan daya pikir
2. Dalam sebuah diskusi, yang
berhak mengatur jalannya diskusi adalah. . ..
A. notulen
B.
peserta
C.
penyaji
D.
moderator
E.
notulis
3. Berikut yang berupa sanggahan adalah. . ..
A. Sebaiknya diskusi ini tidak perlu dilanjutkan
karena tidak ada manfaatnya.
B. Sanggahan yang kamu kemukakan tadi memang
benar.
C. Maaf, pendapat Saudara memang baik, tetapi
kurang didukung oleh fakta yang akurat.
D. Maaf, pendapatmu
memang baik, tapi kurang bisa diterapkan dalam pembelajaran.
E. Ide yang Saudara ajukan memang baik dan menarik, saya
mendukungnya.
4. Sebagai
seorang penyaji yang baik harus. . ..
A. dapat mengatur
jalannya diskusi
B. menguasai dan
memahami topik yang didiskusikan
C. berani berpendapat dan tidak takut dikritik
D. menutup
diskusi
E. menulis hasil diskusi
5. Agar pembangunan
desa dapat berjalan sebagaimana mestinya, para penduduk harus menyumbangkan
segala yang dipunyai.
Kalimat yang
tepat untuk menanggapi pendapat tersebut adalah. . ..
A. Pembangunan desa
tidak perl dilakukan jika penduduk menderita.
B. Menurut saya, pendapat Saudara tidak
beralasan.
C. Hal itu bisa saja terlaksana jika para penduduk
mau melakukannya.
D. Saya kurang
sependapat dengan Saudara, para penduduk boleh saja membantu, tetapi tidak perlu
berkorban terlalu banyak. Lagipula pemerintah juga membantu dalam hal ini.
E. Pendapat Saudara tidak bisa ditoleransi, mau makan apa
kita nanti kalau semua disumbangkan.
6. Kalimat yang tepat digunakan untuk merangkum
hasil diskusi adalah ...
A. Baiklah,
setelah seluruh pembicara menampilkan gagasan, mari kita bacakan hasil diskusinya.
B. Hadirin, inilah hasil diskusi kita pada hari
ini.
C.
Setelah sesi tanya jawab berakhir, saya akan menyampaikan rangkuman hasil
diskusi ini.
D. Terima
kasih atas perhatian hadirin atas diskusi kita hari ini.
E.
Untuk itu, kami akan membaca kesimpulan diskusi.
7. Hal-hal
yang perlu dicantumkan dalam notulen rapat, kecuali ...
A. Waktu, tempat diadakannya rapat
B. Topik pembicaraan
C. Perincian biaya rapat
D. Urutan acara rapat
E. Tanda tangan sekretaris dan ketua
8. Fungsi utama notulen adalah ...
A. Mencatat pembicaraan dalam rapat
B. Mendokumentasi rumusan hasil pertemuan
C. Melengkapi kegiatan panitia penyelenggara
D. Memenuhi mata acara pertemuan
E. Memenuhi formalitas suatu pertemuan
9. Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Untuk mengisi akhir tahun pelajaran, OSIS SMA Negeri 2
Madiun merencanakan untuk mengadakan karya wisata ke beberapa objek. Dalam
rapat, ketua OSIS merencanakan kunjungan ke Bandung dan Pantai Kuta di Bali.
Hal ini telah disesuaikan dengan program sekolah.
Tanggapan yang tepat terhadap rencana tersebut adalah…
A. Menurut pendapat saya, kedua tempat itu berbeda
arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
B.
Buat apa kita ke Pantai Kuta? Pantai yang dekat saja ada, misalnya Parangtritis
di Yogyakarta.
C.
Saya setuju saja karya wisata ke kedua tempat tersebut asal biaya ditanggung
oleh sekolah.
D.
Saya tidak setuju dengan acara itu. Waktu liburan sebaiknya kita beristirahat
di rumah.
E. Saya
mengusulkan agar objek wisatanya ditambah beberapa tempat lagi di daerah kita
sendiri, di Jawa Timur.
10.
Kalimat yang tepat sebagai saran yang diajukan pembahas dalam suatu
diskusi adalah ...
A.
Dari hasil pengamatan yang penulis lakukan selama ini, ada baiknya karya tulis
ini diperbaiki.
B.
Hasil dari pengamatan yang penulis lakukan selama ini, ada baiknya karya tulis
ini diubah.
C. Hasil
pengamatan yang penulis lakukan selama ini, sebaik-baiknya karya tulis ini
dirombak.
D. Hasil
pengamatan yang dilakukan penulis selama ini, sebaiknya tidak perlu ditambahkan
data yang akurat.
E.
Dari
hasil pengamatan yang penulis lakukan selama ini, sebaiknya karya tulis ini
dilengkapi dengan data.
11. Kalimat
yang santun dan efektif untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat di dalam
diskusi adalah ...
A.
Maaf, saya akan bertanya mengapa Anda berpendapat seperti itu, bukankah
pendapat itu sangat tidak logis dan tidak relevan dengan topik diskusi kita?
B. Sehubungan
dengan pendapat yang Anda sampaikan, saya mohon Anda dapat mengemukakan
argumentasi yang mendasari pendapat itu.
C. Saya akan bertanya kepada Anda, argumen apa
yang mendasari dicetuskannya pendapat seperti itu? Tolong, jawab pertanyaan
ini.
D. Maafkan
saya karena harus bertanya, apakah argumentasi yang mendasari pendapat Anda?
E. Kepada
Anda, saya akan menanyakan alasan-alasan yang menyebabkan Anda mengemukakan
pendapat seperti itu. Terima kasih.
12. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Untuk mengisi akhir tahun pelajaran, OSIS SMA Negeri 2
Madiun merencanakan untuk mengadakan karya wisata ke beberapa objek. Dalam
rapat, ketua OSIS merencanakan kunjungan ke Bandung dan Pantai Kuta di Bali.
Hal ini telah disesuaikan dengan program sekolah.
Tanggapan yang tepat terhadap rencana tersebut adalah…
A. Menurut pendapat saya, kedua
tempat itu berbeda arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
B.
Buat apa kita ke Pantai Kuta? Pantai yang dekat saja ada, misalnya Parangtritis
di Yogyakarta.
C.
Saya setuju saja karya wisata ke kedua tempat tersebut asal biaya ditanggung
oleh sekolah.
D.
Saya tidak setuju dengan acara itu. Waktu liburan sebaiknya kita beristirahat
di rumah.
E.
Saya mengusulkan agar objek wisatanya ditambah beberapa tempat lagi di daerah
kita sendiri, di Jawa Timur.
13.
(1) Setiap makhluk hidup
memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam. (3) Minyak bumi yang
digunakan terus-menerus akan terancam habis. (4) Hendaknya dilakukan
penghematan energi. (5) Energi listrik digunakan untuk penerangan dan pemakaian
alat-alat elektronik.
Opini yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ...
A. 1 B. 2 C. 3
D. 4 E. 5
14. Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun
merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa
Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli
bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar
pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses
produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf diatas
adalah …
A. Jumlah
angkatan kerja yang meningkat.
B. Setiap
tahun merupakan keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
C. Melaksanakan
pembangunan nasional.
D. Manusia sebagai sumber potensi
merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
E.
Sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
15. Pernyataan
berita di bawah ini yang termasuk fakta adalah ….
A. Polisi
akan meringkus para penjahat di Desa Ceplisan.
B. Bupati
akan meresmikan Gedung Wanitatama besok.
C. Penjahat
itu akan merampok toko emas.
D. Mobil truk itu bertabrakan dengan
mobil Kijang tadi pagi di depan terminal.
E.
Polisi akan merazia para pengendara motor besok pagi.
16. (1)
Peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda
dalam proses pembelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya
berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonom Marco Francesconi
menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10.000 individu
dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian ini dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini
menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih wanita karier yang
bekerja keras.
Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut
terdapat pada kalimat ...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 6
17. Yang
dimaksud opini adalah ....
A. berita
mengenai pendapat seseorang, misalnya cendekiawan atau tokoh terkenal
B. berita
mengenai kejadian faktual
C. berita
mengenai kriminalitas
D. berita
mengenai human interest
E. berita
yang mendalam
18. Pernyataan-pernyataan di
bawah ini yang merupakan pendapat adalah, kecuali ...
A. Sebaiknya
para transmigran dibekali keterampilan.
B. Para
transmigran akan dibekali berbagai keterampilan.
C.
Jika dia sungguh-sungguh berusaha, ia pasti akan sukses.
D.
Daerah itu kekeringan karena sudah hampir setengah tahun belakangan ini tidak
turun hujan.
E. Migrasi antarprovinsi di
Indonesia mencerminkan ketimpangan sosial ekonomi.
19. Bacalah
paragraf berikut dengan seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun
merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa
Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli
bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar
pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses
produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf diatas
adalah …
A. Jumlah
angkatan kerja yang meningkat.
B.
Setiap tahun merupakan keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
C. Melaksanakan
pembangunan nasional.
D. Manusia sebagai sumber potensi
merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
E.
Sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
20. Berikut
ini yang tidak termasuk unsur intrinsik novel adalah ....
A. alur
B. watak
C. agama
D. amanat
E. tema
21.
Berikut
ini adalah ciri-ciri hikayat,
kecuali ....
A. ditulis dalam bentuk prosa
B. bersifat anonim
C. merupakan sastra Melayu
klasik
D. merupakan karya fiksi
E. setiap bait
terdiri dari 4 baris
22. Berikut
ini yang bukan unsur intrinsik dalam karya sastra adalah ....
A. tema
B. amanat
C. pengarang
D.latar E. sudut pandang penulis
23. Bacalah penggalan
cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan
dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang
harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa
mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan
sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa
Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang
kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.” (Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A.
Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B.
Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C.
Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.
Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
24. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
”Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh
melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku
mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir.
Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu,
tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin
bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan
mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.”
(”Panggilan Rasul”, Hamsad Rangkuti)
Pendeskripsian watak tokoh ”aku” yang digunakan
pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah….
A. menguraikan watak tokoh
B. tanggapan tokoh lain
C. dialog antar tokoh
D. melalui pikiran tokoh
E. lingkungan sekitar tokoh
Untuk
nomor 25
s.d. 27
bacalah kutipan cerita berikut!
“Kalau
begitu, mengapa Syarifuddin meninggal pada hari kedua, setelah dia disunat?
Darah tak banyak keluar dari lukanya. Syarifuddin kan juga penurut. Pendiam.
Setengah bulan, hampir, dia mengurung diri karena kau ingatkan kelakuan
abangnya sehari sebelum disunat itu. Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika
hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran setengah malam penuh. Aku tidak
percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak.
Orang
yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya
desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita.
Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak
mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun
itu.
25.
Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerita di atas adalah ….
A. orang pertama
B. orang pertama dan ketiga
C. orang kedua
D. orang kedua dan ketiga
E. orang ketiga
26. Dalam
kutipan di atas, watak Syafrudin digambarkan oleh pengarang dengan cara ….
A. penggambaran langsung oleh
pengarang
B. penggambaran dialog
antartokoh
C. tingkah dan tindakan laku
tokoh
D. ciri fisik tokoh
E. jalan pikiran tokoh
27.
Yang dimaksud orang yang tamak dan lintah darat dalam kutipan di atas adalah ….
A. Lasuddin
B. ibu Lasuddin
C. Syarifudin
D. ayah Lasuddin
E. Kamarudin
28. Tujuan
umum membaca yaitu untuk ....
A. mengevaluasi
B. membandingkan
C. mengetahui urutan cerita
D. mencari informasi
E. mendapatkan ide-ide
utama
29.
Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mendukung perwatakan dalam
pementasan drama adalah ....
A. hubungan interaksi
antartokoh
B. sikap seorang tokoh
terhadap tokoh lainnya
C. maksud pengarang
D. gaya dialog
E. pemakaian kostum
30. Di
bawah ini yang bukan fungsi dialog dalam drama, adalah….
A. untuk menggambarkan watak
B. untuk menciptakan konflik
C. supaya cerita lebih hidup
D. untuk membentuk alur
E. supaya dapat dipentaskan
di atas panggung
31.
Drama yang isinya mengisahkan tokoh yang mengharukan atau menyedihkan termasuk
drama ….
A. komedi
B. pantomim
C. tragedi
D. sandiwara
E. opera
32.
Berikut ini yang tidak termasuk unsur intrinsik dalam pementasan drama adalah
....
A. sikap pengarang
B. konflik
C. alur
D. pelaku
E. peristiwa
33. Bacalah penggalan novel berikut dengan
seksama!
Aku terlalu sombong dan angkuh. Aku mengkehendaki
manusia sempurna, sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar dan berusaha untuk
menjadi sempurna. Kini aku sadar, kemanusiaan hanya dapat dibina dengan
mencintai dan bukan membenci sudah saja merusak manusia lain, tetapi pertama
kali merusak dirinya sendiri ..........
Mochtar Lubis, Harimau-harimau
Watak tokoh Aku dalam penggalan novel di atas adalah
...
A. Tinggi hati
B. Rendah hati
C. Suka merendahkan orang lain
D. tidak tahu malu
E. penuh kasih sayang
34. (1) Betapa gembiranya Ardi. (2) saat pulang
sekolah is mendapat tawaran dari pamannya Abdulmanam, untuk bersekolah di
Jakarta. (3) bagaimanpun dijakarta harus berjuang . (4). Jakarta adalah kota
besar , yang selama ini ia impikan selama ini,(5) yakni bisa melihata dan tinggal di
jakarta.Bukti bahwa latar waktu kutiban tersebut pada siang hari ditunjukan
pada nomor. ….
A. (4) C. (2) E. (5)
B. (3) D.
(1)
35. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Pada suatu sore walaupun tidak disetujui alimah, siti
nurbayah memebeli kueyang dijajakan oleh pendekar empat, kaki tangan Datuk
Maringih kue yang sengajadisediakan khusus untuk Siti Nurbaya telah diisi
racun. Setelah penjaga kue yang barusaja dibelinya. Setelah makan kue itu
kepala Siti Nurbaya pening. Tak lama kemudian ia meninggal.
Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah…..
A. Bila melihat
orang menjual kue beli saja.
B. Jika ada kue
entah dari mana, makan saja.
C. Dalam melakukan perbuatan kita harus
berhati-hati.
D. Dalam menjalani
kehidupan, kita harus hadapi dengan
santai.
E. hidup itu tidak
semudah membalikkan telapak tangan.
II. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!
1. Buatlah kalimat pembuka diskusi dengan bahasa yang sopan!
2.
Apa tugas moderator dalam sebuah diskusi?
Bacalah biografi berikut dengan seksama untuk menjawab
soal no 3 dan 4!
Ternyata tidak seorang
pun yang ditanyainya paham tentang budidaya ulin. Padahal, ulin merupakan pohon
hutan yang kayunya dikenal keras dan tidak lapuk
meskipun lama direndam. Herry
pun membulatkan tekad untuk meneliti sendiri cara budidaya ulin. Tahun 2000,
ketika pergi
ke hutan Tabalien di Kabupaten Gunung Mas, Herry mengumpulkan biji pohon ulin.
Setahun kemudian, biji-biji itu dia
tanam di pekarangan rumahnya di Palangkaraya. Satu tahun berlalu, tetapi tidak
ada tanda-tanda biji ulin akan tumbuh. Semangat Herry tidak hilang sampai di situ.
Dia tetap melakukan eksperimen dengan cara lain.
3. Keteladan apa yang dapat diambil dari
tokoh Herry?
4. Apa pendapatmu tentang tokoh tersebut?
5. Sebut dan jelaskan
tahapan alur dalam cerpen!
Komentar
Posting Komentar