EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

UTS BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI



1.  Berikut adalah manfaat diskusi, kecuali. . ..
A. menanam sikap demokrasi
B. mengembangkan daya pikir
C. masalah terselesaikan dengan cara berdebat
D. menumbuhkan sifat kreatif
E. mengembangkan daya pikir

2. Dalam sebuah diskusi, yang berhak mengatur jalannya diskusi adalah. . ..
A. notulen
B. peserta
C. penyaji
D. moderator
E. notulis

3.   Berikut yang berupa sanggahan adalah. . ..
A.  Sebaiknya diskusi ini tidak perlu dilanjutkan karena tidak ada manfaatnya.
B.  Sanggahan yang kamu kemukakan tadi memang benar.
C. Maaf, pendapat Saudara memang baik, tetapi kurang didukung oleh fakta yang akurat.
D.  Maaf, pendapatmu memang baik, tapi kurang bisa diterapkan dalam pembelajaran.
E. Ide yang Saudara ajukan memang baik dan menarik, saya mendukungnya.

4.  Sebagai seorang penyaji yang baik harus. . ..
A.  dapat mengatur jalannya diskusi
B.  menguasai dan memahami topik yang didiskusikan
C.  berani berpendapat dan tidak takut dikritik
D. menutup diskusi
E. menulis hasil diskusi

5.  Agar pembangunan desa dapat berjalan sebagaimana mestinya, para penduduk harus menyumbangkan segala yang dipunyai.
Kalimat yang tepat untuk menanggapi pendapat tersebut adalah. . ..
A. Pembangunan desa tidak perl dilakukan jika penduduk menderita.
B.  Menurut saya, pendapat Saudara tidak beralasan.
C. Hal itu bisa saja terlaksana jika para penduduk mau melakukannya.




D.  Saya kurang sependapat dengan Saudara, para penduduk boleh saja membantu, tetapi tidak perlu berkorban terlalu banyak. Lagipula pemerintah juga membantu dalam hal ini.
E. Pendapat Saudara tidak bisa ditoleransi, mau makan apa kita nanti kalau semua disumbangkan.

6.  Kalimat yang tepat digunakan untuk merangkum hasil diskusi adalah ...
A.  Baiklah, setelah seluruh pembicara menampilkan gagasan, mari kita bacakan hasil diskusinya.
B.  Hadirin, inilah hasil diskusi kita pada hari ini.
C. Setelah sesi tanya jawab berakhir, saya akan menyampaikan rangkuman hasil diskusi ini.
D.  Terima kasih atas perhatian hadirin atas diskusi kita hari ini.
E. Untuk itu, kami akan membaca kesimpulan diskusi.

7.  Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam notulen rapat, kecuali ...
A.  Waktu, tempat diadakannya rapat
B.  Topik pembicaraan
C.  Perincian biaya rapat
D.  Urutan acara rapat
E.  Tanda tangan sekretaris dan ketua

8.  Fungsi utama notulen adalah ...
A.  Mencatat pembicaraan dalam rapat
B.  Mendokumentasi rumusan hasil pertemuan
C.  Melengkapi kegiatan panitia penyelenggara
D.  Memenuhi mata acara pertemuan
E.   Memenuhi formalitas suatu pertemuan

9.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Untuk mengisi akhir tahun pelajaran, OSIS SMA Negeri 2 Madiun merencanakan untuk mengadakan karya wisata ke beberapa objek. Dalam rapat, ketua OSIS merencanakan kunjungan ke Bandung dan Pantai Kuta di Bali. Hal ini telah disesuaikan dengan program sekolah.
Tanggapan yang tepat terhadap rencana tersebut adalah…
A. Menurut pendapat saya, kedua tempat itu berbeda arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
B. Buat apa kita ke Pantai Kuta? Pantai yang dekat saja ada, misalnya Parangtritis di Yogyakarta.
C. Saya setuju saja karya wisata ke kedua tempat tersebut asal biaya ditanggung oleh sekolah.
D. Saya tidak setuju dengan acara itu. Waktu liburan sebaiknya kita beristirahat di rumah.
E.  Saya mengusulkan agar objek wisatanya ditambah beberapa tempat lagi di daerah kita sendiri, di Jawa Timur.

10. Kalimat yang tepat sebagai saran yang diajukan pembahas dalam suatu diskusi adalah ...
A. Dari hasil pengamatan yang penulis lakukan selama ini, ada baiknya karya tulis ini diperbaiki.
B. Hasil dari pengamatan yang penulis lakukan selama ini, ada baiknya karya tulis ini diubah.
C.  Hasil pengamatan yang penulis lakukan selama ini, sebaik-baiknya karya tulis ini dirombak.
D.  Hasil pengamatan yang dilakukan penulis selama ini, sebaiknya tidak perlu ditambahkan data yang akurat.
E. Dari hasil pengamatan yang penulis lakukan selama ini, sebaiknya karya tulis ini dilengkapi dengan data.

11.   Kalimat yang santun dan efektif untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat di dalam diskusi adalah ...
A. Maaf, saya akan bertanya mengapa Anda berpendapat seperti itu, bukankah pendapat itu sangat tidak logis dan tidak relevan dengan topik diskusi kita?
B.  Sehubungan dengan pendapat yang Anda sampaikan, saya mohon Anda dapat mengemukakan argumentasi yang mendasari pendapat itu.
C.  Saya akan bertanya kepada Anda, argumen apa yang mendasari dicetuskannya pendapat seperti itu? Tolong, jawab pertanyaan ini.
D.  Maafkan saya karena harus bertanya, apakah argumentasi yang mendasari pendapat Anda?
E.  Kepada Anda, saya akan menanyakan alasan-alasan yang menyebabkan Anda mengemukakan pendapat seperti itu. Terima kasih.

 12.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Untuk mengisi akhir tahun pelajaran, OSIS SMA Negeri 2 Madiun merencanakan untuk mengadakan karya wisata ke beberapa objek. Dalam rapat, ketua OSIS merencanakan kunjungan ke Bandung dan Pantai Kuta di Bali. Hal ini telah disesuaikan dengan program sekolah.
Tanggapan yang tepat terhadap rencana tersebut adalah…



A. Menurut pendapat saya, kedua tempat itu berbeda arahnya. Sebaiknya kita pilih saja satu diantaranya.
B. Buat apa kita ke Pantai Kuta? Pantai yang dekat saja ada, misalnya Parangtritis di Yogyakarta.
C. Saya setuju saja karya wisata ke kedua tempat tersebut asal biaya ditanggung oleh sekolah.
D. Saya tidak setuju dengan acara itu. Waktu liburan sebaiknya kita beristirahat di rumah.
E. Saya mengusulkan agar objek wisatanya ditambah beberapa tempat lagi di daerah kita sendiri, di Jawa Timur.

13.  (1) Setiap makhluk hidup memerlukan energi. (2) Energi ada bermacam-macam. (3) Minyak bumi yang digunakan terus-menerus akan terancam habis. (4) Hendaknya dilakukan penghematan energi. (5) Energi listrik digunakan untuk penerangan dan pemakaian alat-alat elektronik.
Opini yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ...
A. 1          B.  2     C.   3
D.   4         E.   5

14.  Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf diatas adalah …
A.  Jumlah angkatan kerja yang meningkat.
B.  Setiap tahun merupakan keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
C.  Melaksanakan pembangunan nasional.
D. Manusia sebagai sumber potensi merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
E. Sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.

15.   Pernyataan berita di bawah ini yang termasuk fakta adalah ….
A.  Polisi akan meringkus para penjahat di Desa Ceplisan.
B.  Bupati akan meresmikan Gedung Wanitatama besok.
C.  Penjahat itu akan merampok toko emas.
D.  Mobil truk itu bertabrakan dengan mobil Kijang tadi pagi di depan terminal.
E. Polisi akan merazia para pengendara motor besok pagi.








































































































16.   (1) Peran pendidikan sangat vital. (2) Pemberdayaan perempuan pun menjadi agenda dalam proses pembelajaran. (3) Para penentu kebijakan kurikulum mestinya berkaca pada agenda ini. (4) Data empiris dari ekonom Marco Francesconi menganalisis dan British Household Panel Survey yang mendata 10.000 individu dari 5.500 keluarga. (5) Penelitian ini dilakukan sejak 1991-1999. (6) Data ini menunjukkan bahwa pria yang sukses justru akan memilih wanita karier yang bekerja keras.
Kalimat yang berisi fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat ...
A. 1 dan 2
B.  2 dan 3
C.  3 dan 4
D.  4 dan 5
E.  5 dan 6

17.  Yang dimaksud opini adalah ....
A.  berita mengenai pendapat seseorang, misalnya cendekiawan atau tokoh terkenal
B.  berita mengenai kejadian faktual
C.  berita mengenai kriminalitas
D.  berita mengenai human interest
E.  berita yang mendalam

18. Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan pendapat adalah, kecuali ...
A.  Sebaiknya para transmigran dibekali keterampilan.
B.  Para transmigran akan dibekali berbagai keterampilan.
C. Jika dia sungguh-sungguh berusaha, ia pasti akan sukses.
D. Daerah itu kekeringan karena sudah hampir setengah tahun belakangan ini tidak turun hujan.
E.  Migrasi antarprovinsi di Indonesia mencerminkan ketimpangan sosial ekonomi.

19.   Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Jumlah angkatan kerja yang meningkat setiap tahun merupakan keuntungan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah dan bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan nasional. Menurut pendapat para ahli bahwa manusia sebagai sumber potensial merupakan salah satu modal dasar pembangunan, yaitu sebagai motor penggerak dalam mekanisme kerja dalam proses produksi, serta sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.
Opini (pendapat) yang terdapat dalam paragraf diatas adalah …





A. Jumlah angkatan kerja yang meningkat.
B. Setiap tahun merupakan keinginan dan sekaligus sebagai tantangan.
C. Melaksanakan pembangunan nasional.
D. Manusia sebagai sumber potensi merupakan salah satu modal dasar pembangunan.
E. Sebagai sasaran dan hasil produksi itu sendiri.

20.   Berikut ini yang tidak termasuk unsur intrinsik novel adalah ....
A. alur
B. watak
C. agama
D. amanat
E. tema

21.   Berikut ini adalah ciri-ciri hikayat, kecuali ....
A. ditulis dalam bentuk prosa
B. bersifat anonim
C. merupakan sastra Melayu klasik
D. merupakan karya fiksi
E. setiap bait terdiri dari 4 baris

22. Berikut ini yang bukan unsur intrinsik dalam karya sastra adalah ....
A. tema
B. amanat
C. pengarang
D.latar                                                                         E. sudut pandang penulis

23.   Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.” (Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A. Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B. Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C. Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E. Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.

24.  Bacalah kutipan cerpen berikut!
”Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.”
(”Panggilan Rasul”, Hamsad Rangkuti)
Pendeskripsian watak tokoh ”aku” yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah….
A. menguraikan watak tokoh
B. tanggapan tokoh lain
C. dialog antar tokoh
D. melalui pikiran tokoh
E. lingkungan sekitar tokoh 

Untuk nomor 25 s.d. 27 bacalah kutipan cerita berikut!
“Kalau begitu, mengapa Syarifuddin meninggal pada hari kedua, setelah dia disunat? Darah tak banyak keluar dari lukanya. Syarifuddin kan juga penurut. Pendiam. Setengah bulan, hampir, dia mengurung diri karena kau ingatkan kelakuan abangnya sehari sebelum disunat itu. Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat-lompat dan berkejaran setengah malam penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak.
Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.

25. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerita di atas adalah ….
A. orang pertama
B. orang pertama dan ketiga
C. orang kedua
D. orang kedua dan ketiga
E. orang ketiga

26.   Dalam kutipan di atas, watak Syafrudin digambarkan oleh pengarang dengan cara ….
A. penggambaran langsung oleh pengarang
B. penggambaran dialog antartokoh
C. tingkah dan tindakan laku tokoh
D. ciri fisik tokoh
E. jalan pikiran tokoh

27. Yang dimaksud orang yang tamak dan lintah darat dalam kutipan di atas adalah ….
A. Lasuddin
B. ibu Lasuddin
C. Syarifudin
D. ayah Lasuddin
E. Kamarudin

28.  Tujuan umum membaca yaitu untuk ....
A. mengevaluasi
B. membandingkan
C. mengetahui urutan cerita
D. mencari informasi
E. mendapatkan ide-ide utama

29. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mendukung perwatakan dalam pementasan drama adalah ....
A. hubungan interaksi antartokoh
B. sikap seorang tokoh terhadap tokoh lainnya
C. maksud pengarang
D. gaya dialog
E. pemakaian kostum

30. Di bawah ini yang bukan fungsi dialog dalam drama, adalah….
A. untuk menggambarkan watak
B. untuk menciptakan konflik
C. supaya cerita lebih hidup
D. untuk membentuk alur
E. supaya dapat dipentaskan di atas panggung

31. Drama yang isinya mengisahkan tokoh yang mengharukan atau menyedihkan termasuk drama ….
A. komedi
B. pantomim
C. tragedi
D. sandiwara
E. opera


32. Berikut ini yang tidak termasuk unsur intrinsik dalam pementasan drama adalah ....
A. sikap pengarang
B. konflik
C. alur
D. pelaku
E. peristiwa

33.   Bacalah penggalan novel berikut dengan seksama!
Aku terlalu sombong dan angkuh. Aku mengkehendaki manusia sempurna, sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar dan berusaha untuk menjadi sempurna. Kini aku sadar, kemanusiaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci sudah saja merusak manusia lain, tetapi pertama kali merusak dirinya sendiri ..........
Mochtar Lubis, Harimau-harimau
Watak tokoh Aku dalam penggalan novel di atas adalah ...
A.  Tinggi hati
B.  Rendah hati
C.  Suka merendahkan orang lain
D.  tidak tahu malu
E.  penuh kasih sayang

34. (1) Betapa gembiranya Ardi. (2) saat pulang sekolah is mendapat tawaran dari pamannya Abdulmanam, untuk bersekolah di Jakarta. (3) bagaimanpun dijakarta harus berjuang . (4). Jakarta adalah kota besar , yang selama ini ia impikan selama ini,(5) yakni bisa melihata dan tinggal di jakarta.Bukti bahwa latar waktu kutiban tersebut pada siang hari ditunjukan pada nomor. ….
A. (4)         C. (2)    E. (5)
B. (3)         D. (1)

35. Bacalah penggalan cerpen berikut!
Pada suatu sore walaupun tidak disetujui alimah, siti nurbayah memebeli kueyang dijajakan oleh pendekar empat, kaki tangan Datuk Maringih kue yang sengajadisediakan khusus untuk Siti Nurbaya telah diisi racun. Setelah penjaga kue yang barusaja dibelinya. Setelah makan kue itu kepala Siti Nurbaya pening. Tak lama kemudian ia meninggal.
Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah…..
A.  Bila melihat orang menjual kue beli saja.
B.  Jika ada kue entah dari mana, makan saja.
C.  Dalam melakukan perbuatan kita harus berhati-hati.
D. Dalam menjalani kehidupan, kita harus hadapi  dengan santai.
E. hidup itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

II.   Jawablah pertanyaan berikut dengan  benar dan jelas!

1.   Buatlah kalimat pembuka diskusi dengan bahasa yang sopan!

2.   Apa tugas moderator dalam sebuah diskusi?

Bacalah biografi berikut dengan seksama untuk menjawab soal no 3 dan 4!
Ternyata tidak seorang pun yang ditanyainya paham tentang budidaya ulin. Padahal, ulin merupakan pohon hutan yang kayunya dikenal keras dan tidak lapuk meskipun lama direndam. Herry pun membulatkan tekad untuk meneliti sendiri cara budidaya ulin. Tahun 2000, ketika pergi ke hutan Tabalien di Kabupaten Gunung Mas, Herry mengumpulkan biji pohon ulin. Setahun  kemudian, biji-biji itu dia tanam di pekarangan rumahnya di Palangkaraya. Satu tahun berlalu, tetapi tidak ada tanda-tanda biji ulin akan tumbuh. Semangat Herry tidak hilang sampai di situ. Dia tetap melakukan eksperimen dengan cara lain.

3. Keteladan apa yang dapat diambil dari tokoh Herry?

4. Apa pendapatmu tentang tokoh tersebut?

5. Sebut dan jelaskan tahapan alur dalam cerpen!


Rectangular Callout: Orang yang diakui hebat adalah orang yang melakukan kejujuran dalam pekerjaannya. . .
#Selamat mengerjakan#
 

Komentar