EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

PEDOMAN PENYUSUNAN NASKAH SOAL SEMESTER GASAL DAN GENAP PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C TAHUN : 2012



Description: PropPEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


PEDOMAN
PENYUSUNAN NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP
PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
TAHUN : 2012




 










TELAAH SISTEMATIKA PENULISAN SOAL
PENDIDIKAN KESETARAAN  PAKET C
SEMESTER GASAL DAN GENAP TH : 2012

BIDANG STUDI                        : .................................................................................................
KELAS  /SEMESTER     : .................................................................................................
PENYUSUN                  : ......................................KABUPATEN/KOTA..............................
NO
ASPEK YANG DITELAAH
YA
TIDAK
1
Kop soal menggunakan kop Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, lengkap dengan :
Bidang Studi        : .........................    Hari/Tgl   : .....................
Kelas/ Semester :..........................    Waktu      : .....................
Program              : Paket C /IPS           Jumlah soal :..................
PETUNJUK UMUM MENGERJAKAN SOAL


2
Soal disusun sesuai dengan materi, SK, KD, Indikator pada standar isi  semester yang bersangkutan.


3
Soal disusun sesuai dengan kaidah penulisan soal  :
a.      Pilihan jawaban homogen dan logis
b.      Setiap soal mempunyai jawaban yang benar
c.       Pokok soal dirumuskan dengan jelas dan tegas
d.      Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
e.      Panjang pendek rumusan jawaban relatif sama
f.        Gambar, grafik, table, diagram dan sejenisnya yang terdapat dalam soal jelas dan berfungsi.
g.      Pilihan jawaban yang berbentuk angka disusun berdasarkan urutan kecil ke besar.


4
Perbandingan penyebaran tingkat kesulitan soal
mudah : sedang : sulit     = 1 : 1 : 1


5
Huruf jawaban option / jawaban menggunakan huruf kecil
( a, b, c, d, e )


6
Huruf jawaban, jika tidak atau bukan merupakan kalimat atau ketentuan lain menggunakan huruf kecil.


7
Option : a, letaknya dibawah huruf pertama kalimat pertanyaan ( gunakan nambering )


8
Titik –titik untuk jawaban ditengah kalimat; spasi ... spasi
diakhir kalimat , spasi titiknya 4 ( .... )


9
Perintah untuk soal objektip :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban a,b,c,d,atau e pada salah satu jawaban yang benar.
Perintah untuk soal uraian :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar.


10
Aturan pengetikan
Huruf                 : Tohama
Font                   : 11
Kertas                : A 4
Margin              : 3,3,2,2
Urutan lembar naskah nambering ditengah.


11
Produk yang dihasilkan :       
a.      Naskah soal semester gasal dan genap
b.      Kunci jawab soal objektif dan uraian
c.       Norma penilaian


JUMLAH SOAL SEMESTER GASAL DAN GENAP
UNTUK SETIAP BIDANG STUDI
TAHUN : 2012
NO
BIDANG STUDI
KELAS
PILIHAN GANDA
ESAY
JUMLAH
WAKTU
1
PKN
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
90 menit
90 menit
90 menit
2
BHS INDONESIA
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
120 menit
120 menit
120 menit
3
BHS INGGRIS
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
120 menit
120 menit
120 menit
4
MATEMATIKA
X
XI
XII
35
35
35
5
5
5
40
40
40
120 menit
120 menit
120 menit
5
BIOLOGI
X
35
5
40
120 menit
6
FISIKA
X
35
5
40
120 menit
7
KIMIA
X
35
5
40
120 menit
8
EKONOMI
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
90 menit
90 menit
90 menit
9
GEOGRAFI
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
90 menit
90 menit
90 menit
10
SEJARAH
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
90 menit
90 menit
90 menit
11
SOSIOLOGI
X
XI
XII
45
45
45
5
5
5
50
50
50
90 menit
90 menit
90 menit






PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DAFTAR PESERTA PENYUSUNAN NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP TAHUN : 2012

NO
BIDANG STUDI
KELAS
KOTA/KABUPATEN
N A M A
NO HP
1
PKn

Kab Cilacap
Kab Wonogiri
Kab Temanggung



2
BHS INDONESIA

Kab Banyumas
Kab Karanganyar
Kab Kendal
Kota Semarang


3
BHS INGGRIS

Kab Purbalingga
Kab Sragen
Kab Batang
Kab Pekalongan




                        
4
MATEMATIKA

Kab Banjarnegara
Kab Grobogan
Kab Pekalongan
Kota Pekalongan


5
BIOLOGI
X
Kab Kebumen
Kab Blora


6
FISIKA
X
Kab Purworejo
Kab Rembang


7
KIMIA
X
Kab Wonosobo
Kab Rembang


8
EKONOMI

Kab Magelang
Kab Kudus
Kab Pemalang


9
GEOGRAFI

Kab Boyolali
Kab Jepara
Kab Magelang


10
SEJARAH

Kab Klaten
Kab Demak
Kab Surakarta


11
SOSIOLOGI

Kab Sukoharjo
Kab Semarang
Kab Salatiga



PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DAFTAR PESERTA EDITING  NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP TAHUN : 2012

NO
BIDANG STUDI
KELAS
UNIT KERJA
N A M A
NO HP
1
PKn
X,XI,XII
SMAN 1 SEMARANG
Drs. Dargito

2
BHS INDONESIA
X,XI,XII
SMAN 1 SEMARANG
Imam Taufik, S.Pd
085866442525
3
BHS INGGRIS
X,XI,XII
SMAN 1 SEMARANG
Sri Wahyuni, S.Pd
08156617512  
4
MATEMATIKA
X,XI,XII
SKB Kota Semarang
Umi Sholikah S.Pd
082138658573
5
BIOLOGI
X
SMA N 12 Semarang
Erni Restiyani, M.Pd

6
FISIKA
X
SKB Kota Semarang
Rio, S.Pd
081575025464
7
KIMIA
X
SMA N 12 Semarang
Aries Wisnuadi, S.Pd

8
EKONOMI
X,XI,XII
SKB Kota Semarang
Hardiyanto, SE
02470324435
9
GEOGRAFI
X,XI,XII
SKB Kota Semarang
Endang W, S.Pd
081225251609
10
SEJARAH
X,XI,XII
SKB Kota Semarang
Fitri Rejeki, S.Pd
081325725987
11
SOSIOLOGI
X,XI,XII
SKB Kota Semarang
Kustopo, M.Pd
085225388769



                                                                                    Koordinator Editing

                                                                                    Drs. Supardi, M.Pd










Description: PropPEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
C  / Ganjil
 
DINAS PENDIDIKAN
TES SEMESTER PAKET C
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia                                          Hari / Tanggal    :
Kelas / Semester             : XI / 3                                                                   Waktu                  : 13.00 – 15.00 WIB
Program                               : Paket C                                                              Jumlah Soal        : 45 PG dan 5 Essay
 

PETUNJUK UMUM  :
1.       Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih dahulu Nama, Kelas, dan Nomor absen pada lembar jawaban yang tersedia.
2.       Kerjakan soal-soal dengan pulpen/balpoint, dan tidak boleh mengerjakan soal dengan pensil / spidol.
3.       Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum Anda menjawab.
4.       Jumlah soal : 45 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian semua harus dikerjakan.
5.       Laporkan kepada pengawas Ulangan Semester kalau terdapat tulisan yang kurang jelas atau ada yang rusak.
6.       Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah.
7.       Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang benar.
8.       Apabila ada jawaban yang Anda anggap salah dan Anda ingin memperbaikinya, tidak diperbolehkan memakai tip-ex atau penghapus melainkan dengan cara seperti dibawah    ini :
        Semula                    : a.          b.            c.             d.            e.
        Dibetulkan             : a.          b.            c.             d.            e.
9.       Untuk menjawab soal essai (uraian) perbaikan dengan cara mencoret jawaban yang salah dengan dua garis dan menuliskan di atas jawaban yang diperbaiki.
10.   Selamat mengerjakan.

PETUNJUK KHUSUS :
I.         Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu huruf jawaban a, b, c, d atau e pada lembar jawaban !


II.       Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar.











JADWAL PENYUSUNAN NASKAH SOAL SEMESTER GASAL/GENAP
PROGRAM PAKET C
INGKAT PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2012
NO
TANGGAL
MATERI
NARA SUMBER
TARGET
1
1 Maret 2012
16.00-16.30
16.30-17.00

17.00-17.45
17.45-19.00
19.00-21.15

Pembukaan
Kebijakan Pemerintah di bidang kesetaraan.
Kaidah penyusunan naskah soal
Ishoma
Teknis penyusunan naskah soal

Panitia
Kepala Bidang Dikmen
Tim  narasumber

Tim  narasumber






25 %
2
2 Maret 2012
07.30-09.45
09.45-10.00
10.00-11.30
11.30-13.30
13.30-15.00
15.00-15.30
15.30-17.30
17.30-19.00
19.00-21.15

Penyusunan soal
Caffe Break
Lanjutan Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan Penyusunan soal
Caffe Break
Lanjutan Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan penyusunan Soal

Tim narasumber

Tim narasumber

Tim narasumber

Tim narasumber

Tim narasumber



50 %





75 %
3
3 Maret 2012
07.30-09.45
09.45-10.00
10.00-11.30
11.30-13.30
13.30-15.00
15.00-15.30
15.30-17.30
17.30-19.00
19.00-21.15

Lanjutan Penyusunan soal
Coffe Break
Lanjutan Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan Penyusunan soal
Coffe Break
Lanjutan penyusunan soal
Ishoma
Penutupan

Tim narasumber

Tim narasumber

Tim narasumber

Tim narasumber

Panitia



100 %
4
4 Maret 2012
07.00-08.00

Chek Out peserta















Telaah Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda (Multiple Choice)

NO
JENIS PERSYARATAN


A
RANAH MATERI

1
Butir soal sesuai dengan indikator.

2
Hanya ada satu kunci atau jawaban yang benar.

3
Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran.

4
Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkatan kelas.

5
Pilihan benar- benar berfungsi, jika pilihan merupakan hasil perhitungan, maka pengecoh berupa pilihan yang salah rumus atau salah hitung.

B
RANAH KONSTRUKSI

6
Pokok soal dirumuskan dengan jelas.

7
Rumusan soal dan pilihan dirumuskan dengan tegas.

8
Pokok soal tidak memberi petunjuk atau mengarah kepada pilihan jawaban yang benar.

9
Pokok soal tidak mengandung pernyataan negatif ganda.

10
Bila terpaksa menggunakan kata negatif, maka harus digarisbawahi atau dicetak lain.

11
Pilihan jawaban homogen.

12
Hindari adanya alternatif jawaban: “seluruh jawaban di atas benar” atau “tak satu jawaban di atas yang benar” dan yang sejenisnya.

13
Panjang alternatif atau pilihan jawaban relatif sama, jangan ada yang sangat panjang dan ada yang sangat pendek.

14
Pilihan jawaban dalam bentuk angka atau waktu diurutkan.

15
Wacana, gambar, atau grafik benar- benar berfungsi.

16
Antar butir soal tidak bergantung satu sama lain.

C
RANAH BAHASA

17
Rumusan kalimat komunikatif

18
Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya.

19
Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.

20
Menggunakan bahasa atau kata yang umum (bukan bahasa lokal)

21
Rumusan soal tidak mengandung kata- kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik.













Telaah Butir Soal Bentuk Uraian
NO
JENIS PERSYARATAN


A
RANAH MATERI

1
Butir soal sesuai dengan indikator.

2
Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas.

3
Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran.

4
Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkatan kelas.

B
RANAH KONSTRUKSI

5
Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.

6
Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan / menyelesaikan soal.

7
Ada pedoman penskorannya

8
Tabel, grafik, diagram, kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jelas keterangannya atau ada hubungannnya dengan masalah yang ditanyakan)

9
Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya.

C
RANAH BAHASA

10
Rumusan kalimat komunikatif

11
Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya.

12
Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.

13
Menggunakan bahasa atau kata yang umum (bukan bahasa lokal)

14
Rumusan soal tidak mengandung kata- kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik.




Komentar