PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
PEDOMAN
PENYUSUNAN NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP
PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
TAHUN : 2012
TELAAH SISTEMATIKA PENULISAN
SOAL
PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
SEMESTER
GASAL DAN GENAP TH : 2012
BIDANG STUDI :
.................................................................................................
KELAS /SEMESTER : .................................................................................................
PENYUSUN :
......................................KABUPATEN/KOTA..............................
NO
|
ASPEK YANG DITELAAH
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Kop soal menggunakan kop Dinas
Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, lengkap dengan :
Bidang Studi : ......................... Hari/Tgl
: .....................
Kelas/ Semester
:..........................
Waktu :
.....................
Program : Paket C /IPS Jumlah soal :..................
PETUNJUK UMUM MENGERJAKAN SOAL
|
|
|
2
|
Soal disusun sesuai dengan materi, SK, KD, Indikator pada standar
isi semester yang bersangkutan.
|
|
|
3
|
Soal
disusun sesuai dengan kaidah penulisan soal
:
a.
Pilihan jawaban
homogen dan logis
b.
Setiap soal
mempunyai jawaban yang benar
c.
Pokok soal
dirumuskan dengan jelas dan tegas
d.
Rumusan pokok
soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
e.
Panjang pendek
rumusan jawaban relatif sama
f.
Gambar, grafik,
table, diagram dan sejenisnya yang terdapat dalam soal jelas dan berfungsi.
g.
Pilihan jawaban
yang berbentuk angka disusun berdasarkan urutan kecil ke besar.
|
|
|
4
|
Perbandingan penyebaran tingkat
kesulitan soal
mudah : sedang : sulit = 1 : 1 : 1
|
|
|
5
|
Huruf jawaban option / jawaban
menggunakan huruf kecil
( a, b, c, d, e )
|
|
|
6
|
Huruf jawaban, jika tidak atau bukan
merupakan kalimat atau ketentuan lain menggunakan huruf kecil.
|
|
|
7
|
Option : a, letaknya dibawah huruf
pertama kalimat pertanyaan ( gunakan nambering )
|
|
|
8
|
Titik –titik untuk jawaban ditengah
kalimat; spasi ... spasi
diakhir kalimat , spasi titiknya 4 ( .... )
|
|
|
9
|
Perintah
untuk soal objektip :
Berilah tanda silang (X) pada jawaban
a,b,c,d,atau e pada salah satu jawaban yang benar.
Perintah
untuk soal uraian :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah
ini dengan benar.
|
|
|
10
|
Aturan
pengetikan
Huruf : Tohama
Font : 11
Kertas : A 4
Margin : 3,3,2,2
Urutan lembar naskah nambering ditengah.
|
|
|
11
|
Produk yang dihasilkan :
a.
Naskah soal
semester gasal dan genap
b.
Kunci jawab
soal objektif dan uraian
c.
Norma penilaian
|
|
|
JUMLAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP
UNTUK SETIAP BIDANG STUDI
TAHUN : 2012
NO
|
BIDANG STUDI
|
KELAS
|
PILIHAN GANDA
|
ESAY
|
JUMLAH
|
WAKTU
|
1
|
PKN
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
90 menit
90 menit
90 menit
|
2
|
BHS INDONESIA
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
120 menit
120 menit
120 menit
|
3
|
BHS INGGRIS
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
120 menit
120 menit
120 menit
|
4
|
MATEMATIKA
|
X
XI
XII
|
35
35
35
|
5
5
5
|
40
40
40
|
120 menit
120 menit
120 menit
|
5
|
BIOLOGI
|
X
|
35
|
5
|
40
|
120 menit
|
6
|
FISIKA
|
X
|
35
|
5
|
40
|
120 menit
|
7
|
KIMIA
|
X
|
35
|
5
|
40
|
120 menit
|
8
|
EKONOMI
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
90 menit
90 menit
90 menit
|
9
|
GEOGRAFI
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
90 menit
90 menit
90 menit
|
10
|
SEJARAH
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
90 menit
90 menit
90 menit
|
11
|
SOSIOLOGI
|
X
XI
XII
|
45
45
45
|
5
5
5
|
50
50
50
|
90 menit
90 menit
90 menit
|
PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DAFTAR PESERTA PENYUSUNAN NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP TAHUN : 2012
NO
|
BIDANG STUDI
|
KELAS
|
KOTA/KABUPATEN
|
N A M A
|
NO HP
|
1
|
PKn
|
|
Kab
Cilacap
Kab
Wonogiri
Kab
Temanggung
|
|
|
2
|
BHS
INDONESIA
|
|
Kab
Banyumas
Kab
Karanganyar
Kab
Kendal
Kota
Semarang
|
|
|
3
|
BHS
INGGRIS
|
|
Kab
Purbalingga
Kab
Sragen
Kab
Batang
Kab
Pekalongan
|
|
|
4
|
MATEMATIKA
|
|
Kab
Banjarnegara
Kab
Grobogan
Kab
Pekalongan
Kota
Pekalongan
|
|
|
5
|
BIOLOGI
|
X
|
Kab
Kebumen
Kab
Blora
|
|
|
6
|
FISIKA
|
X
|
Kab
Purworejo
Kab
Rembang
|
|
|
7
|
KIMIA
|
X
|
Kab
Wonosobo
Kab
Rembang
|
|
|
8
|
EKONOMI
|
|
Kab
Magelang
Kab
Kudus
Kab
Pemalang
|
|
|
9
|
GEOGRAFI
|
|
Kab
Boyolali
Kab
Jepara
Kab
Magelang
|
|
|
10
|
SEJARAH
|
|
Kab
Klaten
Kab
Demak
Kab
Surakarta
|
|
|
11
|
SOSIOLOGI
|
|
Kab
Sukoharjo
Kab
Semarang
Kab
Salatiga
|
|
|
PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C
DAFTAR PESERTA EDITING NASKAH SOAL
SEMESTER GASAL DAN GENAP TAHUN : 2012
NO
|
BIDANG STUDI
|
KELAS
|
UNIT KERJA
|
N A M A
|
NO HP
|
1
|
PKn
|
X,XI,XII
|
SMAN
1 SEMARANG
|
Drs.
Dargito
|
|
2
|
BHS
INDONESIA
|
X,XI,XII
|
SMAN
1 SEMARANG
|
Imam
Taufik, S.Pd
|
085866442525
|
3
|
BHS
INGGRIS
|
X,XI,XII
|
SMAN
1 SEMARANG
|
Sri
Wahyuni, S.Pd
|
08156617512
|
4
|
MATEMATIKA
|
X,XI,XII
|
SKB
Kota Semarang
|
Umi
Sholikah S.Pd
|
082138658573
|
5
|
BIOLOGI
|
X
|
SMA
N 12 Semarang
|
Erni
Restiyani, M.Pd
|
|
6
|
FISIKA
|
X
|
SKB
Kota Semarang
|
Rio,
S.Pd
|
081575025464
|
7
|
KIMIA
|
X
|
SMA
N 12 Semarang
|
Aries
Wisnuadi, S.Pd
|
|
8
|
EKONOMI
|
X,XI,XII
|
SKB
Kota Semarang
|
Hardiyanto,
SE
|
02470324435
|
9
|
GEOGRAFI
|
X,XI,XII
|
SKB
Kota Semarang
|
Endang
W, S.Pd
|
081225251609
|
10
|
SEJARAH
|
X,XI,XII
|
SKB
Kota Semarang
|
Fitri
Rejeki, S.Pd
|
081325725987
|
11
|
SOSIOLOGI
|
X,XI,XII
|
SKB
Kota Semarang
|
Kustopo,
M.Pd
|
085225388769
|
Koordinator
Editing
Drs.
Supardi, M.Pd
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH
DINAS PENDIDIKAN
TES SEMESTER PAKET C
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Hari / Tanggal :
Kelas / Semester : XI
/ 3 Waktu : 13.00 – 15.00 WIB
Program :
Paket C Jumlah Soal : 45 PG dan 5 Essay
PETUNJUK UMUM :
1.
Sebelum mengerjakan soal, tulislah terlebih
dahulu Nama, Kelas, dan Nomor absen pada lembar jawaban yang tersedia.
2.
Kerjakan soal-soal dengan pulpen/balpoint, dan
tidak boleh mengerjakan soal dengan pensil / spidol.
3.
Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti
sebelum Anda menjawab.
4.
Jumlah soal : 45 soal pilihan ganda dan 5 soal
uraian semua harus dikerjakan.
5.
Laporkan kepada pengawas Ulangan Semester kalau
terdapat tulisan yang kurang jelas atau ada yang rusak.
6.
Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap
mudah.
7.
Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan
dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang benar.
8.
Apabila ada jawaban yang Anda anggap salah dan
Anda ingin memperbaikinya, tidak diperbolehkan memakai tip-ex atau penghapus
melainkan dengan cara seperti dibawah
ini :

Semula
: a.
b.
c.
d.
e.





Dibetulkan
: a.
b.
c.
d.
e.
9.
Untuk menjawab soal essai (uraian) perbaikan
dengan cara mencoret jawaban yang salah dengan dua garis dan menuliskan di atas
jawaban yang diperbaiki.
10.
Selamat mengerjakan.
PETUNJUK KHUSUS :
I.
Pilihlah
salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu
huruf jawaban a, b, c, d atau e pada lembar jawaban !
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini
dengan benar.
JADWAL PENYUSUNAN NASKAH SOAL SEMESTER GASAL/GENAP
PROGRAM PAKET C
INGKAT PROVINSI JAWA TENGAN TAHUN 2012
NO
|
TANGGAL
|
MATERI
|
NARA SUMBER
|
TARGET
|
1
|
1 Maret 2012
16.00-16.30
16.30-17.00
17.00-17.45
17.45-19.00
19.00-21.15
|
Pembukaan
Kebijakan
Pemerintah di bidang kesetaraan.
Kaidah penyusunan
naskah soal
Ishoma
Teknis penyusunan
naskah soal
|
Panitia
Kepala Bidang Dikmen
Tim
narasumber
Tim
narasumber
|
25 %
|
2
|
2 Maret 2012
07.30-09.45
09.45-10.00
10.00-11.30
11.30-13.30
13.30-15.00
15.00-15.30
15.30-17.30
17.30-19.00
19.00-21.15
|
Penyusunan soal
Caffe Break
Lanjutan
Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan
Penyusunan soal
Caffe Break
Lanjutan
Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan
penyusunan Soal
|
Tim narasumber
Tim narasumber
Tim narasumber
Tim narasumber
Tim narasumber
|
50 %
75 %
|
3
|
3 Maret 2012
07.30-09.45
09.45-10.00
10.00-11.30
11.30-13.30
13.30-15.00
15.00-15.30
15.30-17.30
17.30-19.00
19.00-21.15
|
Lanjutan
Penyusunan soal
Coffe Break
Lanjutan
Penyusunan soal
Ishoma
Lanjutan Penyusunan soal
Coffe Break
Lanjutan
penyusunan soal
Ishoma
Penutupan
|
Tim narasumber
Tim narasumber
Tim narasumber
Tim narasumber
Panitia
|
100 %
|
4
|
4 Maret 2012
07.00-08.00
|
Chek Out peserta
|
|
|
Telaah Butir Soal Bentuk Pilihan Ganda (Multiple
Choice)
NO
|
JENIS
PERSYARATAN
|
|
|
A
|
RANAH MATERI
|
|
1
|
Butir soal sesuai
dengan indikator.
|
|
2
|
Hanya ada satu kunci
atau jawaban yang benar.
|
|
3
|
Isi materi sesuai
dengan tujuan pengukuran.
|
|
4
|
Isi materi sesuai
dengan jenjang, jenis sekolah, dan tingkatan kelas.
|
|
5
|
Pilihan benar- benar
berfungsi, jika pilihan merupakan hasil perhitungan, maka pengecoh berupa
pilihan yang salah rumus atau salah hitung.
|
|
B
|
RANAH KONSTRUKSI
|
|
6
|
Pokok soal dirumuskan
dengan jelas.
|
|
7
|
Rumusan soal dan
pilihan dirumuskan dengan tegas.
|
|
8
|
Pokok soal tidak
memberi petunjuk atau mengarah kepada pilihan jawaban yang benar.
|
|
9
|
Pokok soal tidak
mengandung pernyataan negatif ganda.
|
|
10
|
Bila terpaksa
menggunakan kata negatif, maka harus digarisbawahi atau dicetak lain.
|
|
11
|
Pilihan jawaban homogen.
|
|
12
|
Hindari adanya
alternatif jawaban: “seluruh jawaban di atas benar” atau “tak satu jawaban di
atas yang benar” dan yang sejenisnya.
|
|
13
|
Panjang alternatif atau
pilihan jawaban relatif sama, jangan ada yang sangat panjang dan ada yang
sangat pendek.
|
|
14
|
Pilihan jawaban dalam
bentuk angka atau waktu diurutkan.
|
|
15
|
Wacana, gambar, atau
grafik benar- benar berfungsi.
|
|
16
|
Antar butir soal tidak
bergantung satu sama lain.
|
|
C
|
RANAH BAHASA
|
|
17
|
Rumusan kalimat komunikatif
|
|
18
|
Kalimat menggunakan
bahasa yang baik dan benar, serta sesuai dengan ragam bahasanya.
|
|
19
|
Rumusan kalimat tidak
menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian.
|
|
20
|
Menggunakan bahasa atau
kata yang umum (bukan bahasa lokal)
|
|
21
|
Rumusan soal tidak
mengandung kata- kata yang dapat menyinggung perasaan peserta didik.
|
|
Telaah
Butir Soal Bentuk Uraian
NO
|
JENIS PERSYARATAN
|
|
|
A
|
RANAH
MATERI
|
|
1
|
Butir soal sesuai dengan indikator.
|
|
2
|
Batasan
pertanyaan dan jawaban yang diharapkan jelas.
|
|
3
|
Isi materi sesuai dengan tujuan pengukuran.
|
|
4
|
Isi materi sesuai dengan jenjang, jenis sekolah, dan
tingkatan kelas.
|
|
B
|
RANAH
KONSTRUKSI
|
|
5
|
Rumusan kalimat dalam bentuk kalimat tanya atau
perintah yang menuntut jawaban terurai.
|
|
6
|
Ada petunjuk yang jelas cara mengerjakan /
menyelesaikan soal.
|
|
7
|
Ada pedoman penskorannya
|
|
8
|
Tabel, grafik, diagram,
kasus, atau yang sejenisnya bermakna (jelas keterangannya atau ada
hubungannnya dengan masalah yang ditanyakan)
|
|
9
|
Butir soal tidak bergantung pada butir soal sebelumnya.
|
|
C
|
RANAH
BAHASA
|
|
10
|
Rumusan kalimat
komunikatif
|
|
11
|
Kalimat menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta
sesuai dengan ragam bahasanya.
|
|
12
|
Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda atau
salah pengertian.
|
|
13
|
Menggunakan bahasa atau kata yang umum (bukan bahasa
lokal)
|
|
14
|
Rumusan soal tidak mengandung kata- kata yang dapat
menyinggung perasaan peserta didik.
|
|
Komentar
Posting Komentar