EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

MODUL DAN KONTRAK KULIAH AKADEMI STATISTIKA MUHAMMADIYAH SEMARANG


BIODATA DOSEN
Nama      : Thomas Christian W., M.Pd
Alamat     : Jamus, Mranggen
Kelahiran : Kendal, 15 Maret 1991
B.  PENDIDIKAN FORMAL
1.SD Negeri 1 Krajan Kulon   : Tahun 1996 - 2002
2.SMP Negeri 1 Kaliwungu : Tahun 2002 - 2005
3.SMA Negeri 1 Kaliwungu : Tahun 2005 - 2008
4.S1 Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia UPGRIS : Tahun   2008 – 2012
5.S2 Fakultas Program Pascasarjana UNNES Jurusan Bahasa Indonesia : Tahun 2013-2015
C.  RIWAYAT PEKERJAAN
1.Guru di SMP Negeri 20 Semarang : Tahun 2012
2.Guru di SMP Kr 2 Salatiga : Tahun 2012-2015
3.Dosen di UKSW Salatiga : 2012-2015
4.Dosen di Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang : 2016 sd sekarang
5.Dosen di UNISS Kendal : Tahun 2016 sd sekarang
6.Guru di SMA Muhammadiyah 1 Semarang 2016 sd sekarang
D.  KEAHLIAN
1.  Musik (Pembina ekstra musik dan guru les musik)
2.  IT (Ms. Office, Network, Photoshop, dan Corel)
Definisi
Pembelajaran orang dewasa merupakan pengalaman belajar berdasarkan kebutuhan dan minat orang dewasa pada tingkatan kemampuan dan pengetahuan yang berbeda untuk mendukung perubahan peranan serta tanggung jawab dalam kehidupan orang dewasa
Tujuan Pembelajaran Orang Dewasa
Untuk mengembangkan status sosial melalui suatu gelar akademik. Mengembangkan diri melalui  pendidikan,  mengarahkan diri  sendiri   dan  menjadi  guru  untuk dirinya sendiri.
Belajar Mandiri
Definisi:
  usaha individu yang otonomi untuk mencapai kompetensi akademis
Belajar Mandiri
Ciri utama : pengembangan dan peningkatan kemampuan dan keterampilan untuk belajar secara mandiri, tidak tergantung pada faktor dosen, kelas, teman, dll.
Deskripsi Mata Kuliah
Pemahaman EYD
Pemilihan Kata
Menulis Paragraf
Pidato
Menulis Surat Lamaran Kerja
Penulisan Karya Ilmiah
Referensi:
Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai. 1989. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Antarkota.
Bakry, Oemar. 1981. Bunga Rampai Sumpah Pemuda. Satu Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Mutiara.
Mulyati, Yetty. Et all. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1981. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1985. Kongres Bahasa Indonesia
Item Penilaian:
1.    Tugas   :     30      %
  2.  UTS      :     35       %
  3.  UAS      :     35       %
      Total   :    100 %    
Ketentuan Lain:
1.Mahasiswa wajib hadir minimal 75%
2.Keterlambatan 10 menit
3.Apabila keterlambatan melebihi 10 mahasiswa wajib meminta izin masuk pada dosen.
4.Sopan dan gunakan bahasa yang baik
5.Beretika sebagai mahasiswa

Komentar