9
10
|
9.1 Menyimpulkan isi
informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan
isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung.
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan atau
dukungan terhadap artikel yang terdapat pada media massa dan atau artikel
11.1 Merangkum seluruh isi informasi
teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2 Merangkum seluruh isi informasi
dari suatu tabel atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca
memindai
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat
dalam bentuk paragraf argumentasi
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak
pembaca bersikap atau melakukan suatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3 Menlis hasil wawancara ke dalam beberapa
paragraf dengan menggunaan ejaan yang tepat
|
Paragraf
Paragraf
Berita
·
artikel dari media cetak (mis.
Tentang kenaikan harga BBM)
Kemudian
mencari apa isu yang ada di artikel, siapa yang memunculkan isu, kapan isu
itu dimunculkan dan latar belakangnya apa
Cara
Memberikan persetujuan dengan bukti pendukung
·
Buku yang memuat daftar isi
·
Pokok-pokok informasi
·
Rangkuman isi buku
·
Pengertian tabel
·
Pengertian grafik
·
Teks berisi tabel dan atau grafik
·
Mengungkapkan isi tabel atau grafik.
Menyimpulkan isi tabel atau grafik
Teks cerpen
Teks bacaan
·
Teks Pidato
|
·
disediakan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf dengan benar.
·
disediakan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan pokok-pokok informasi tuturan
langsung dengan tepat
·
disediakan
sebuah paragraf siswa dapat menentukan kalimat fakta dengan benar
·
disediakan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat opini dengan benar
·
disediakan
sebuah paragraf, siswa dapat mengkritik informasi tersebut dengan tepat.
·
disediakan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan tanggapan dengan tepat.
· Mencari
masalah apa yang diperdebatkan (inti permasalahan yang ada dalam artikel)
· Menjelaskan
latar belakang masalah yang ada dalam artikel tersebut
·
Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung
(disertai dengan alasan)
·
Mencatat pokok-pokok informasi pada
halaman bab tertentu
·
Merangkum seluruh isi informasi ke
dalam beberapa kalimat
·
Menjelaskan isi tabel ke dalam
beberapa kalimat
·
Menjelaskan isi grafik ke dalam
beberapa kalimat
·
Menyimpulkan isi tabel atau grafik ke
dalam beberapa kalimat
-siswa dapat mencari gagasan utama dari teks argumentasi
-siwa dapat mencari tujuan dari paragraf argumentasi
-siwa dapat memahami arti dari paragraf persusif
-siswa dapat mencari bentuk bacaan persuasif
-siswa dpat memahami ciri-ciri paragraf persuasif
-siswa dapat menyusun kalimat yang tepat ketika
mewawancarai narasumber
-siswa dapat memahami hal-hal yang perlu disiapkan saat
melakukan wawancara
|
PG
PG
PG
PG
Uraian
PG
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
1
2
3
4
41
5
6
7
9
10
|
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Sulit
Sedang
|
Komentar
Posting Komentar