EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015



KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


 
Nama Sekolah                     : MADRASAH ALIYAH                                                                                Kelas             : X (sepuluh)
Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia                                                                                     Jumlah Soal    : 45
Alokasi waktu                       : 120 Menit                                                                                                    Bentuk Soal    : Pilihan Ganda dan esai
                                                                                                                                                          
No SK
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
Bobot Soal
9















10










9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung





9.2  Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung.



10.1  Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik





10.2 Memberikan persetujuan atau dukungan terhadap artikel yang terdapat pada media massa dan atau artikel











11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai






11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai





12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentasi


12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan suatu dalam bentuk paragraf persuasif

12.3 Menlis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunaan ejaan yang tepat


Paragraf







Paragraf






Berita








·         artikel dari media cetak (mis. Tentang kenaikan harga BBM)
Kemudian mencari apa isu yang ada di artikel, siapa yang memunculkan isu, kapan isu itu dimunculkan dan latar belakangnya apa

Cara Memberikan persetujuan dengan bukti pendukung

·         Buku yang memuat daftar isi

·         Pokok-pokok informasi


·         Rangkuman isi buku


·         Pengertian tabel
·         Pengertian grafik
·         Teks berisi tabel dan atau grafik
·         Mengungkapkan isi tabel atau grafik.
Menyimpulkan isi tabel atau grafik

Teks cerpen





Teks bacaan







·         Teks Pidato

·         disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf dengan benar.
·         disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan pokok-pokok informasi tuturan langsung dengan tepat

·         disediakan sebuah paragraf siswa dapat menentukan kalimat fakta dengan benar
·         disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan kalimat opini dengan benar

·         disediakan sebuah paragraf, siswa dapat mengkritik informasi tersebut dengan tepat.
·         disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan tanggapan dengan tepat.



·  Mencari masalah apa yang diperdebatkan (inti permasalahan yang ada dalam artikel)

·  Menjelaskan latar belakang masalah yang ada dalam artikel tersebut


·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)






·         Mencatat pokok-pokok informasi pada halaman bab tertentu

·         Merangkum seluruh isi informasi ke dalam beberapa kalimat







·         Menjelaskan isi tabel ke dalam beberapa kalimat

·         Menjelaskan isi grafik ke dalam beberapa kalimat

·         Menyimpulkan isi tabel atau grafik ke dalam beberapa kalimat




-siswa dapat mencari gagasan utama dari teks argumentasi
-siwa dapat mencari tujuan dari paragraf argumentasi


-siwa dapat memahami arti dari paragraf persusif
-siswa dapat mencari bentuk bacaan persuasif
-siswa dpat memahami ciri-ciri paragraf persuasif




-siswa dapat menyusun kalimat yang tepat ketika mewawancarai narasumber
-siswa dapat memahami hal-hal yang perlu disiapkan saat melakukan wawancara

PG


PG




PG


PG



Uraian


PG





PG



Uraian




PG







PG


PG








PG



PG

PG


1


2




3

    
     4



41


5





6








7







9


10



Mudah


Sedang




Sedang


Sedang  



Sulit


Sedang













12.4
Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.
 Menyusun teks
pidato
2
Teks Pidato
Siswa dapat menyusun teks pidato
berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
•siswadapat menyunting teks pidato tulisan teman


PG
SEDANG

13.1
. Memahami cerita rakyat yang dituturkan
Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman

3
Cerita rakyat
Siswa dapat Mengidentifikasi karakteristik cerita  rakyat yang didengarkan
PG
SEDANG






Siswa mampu menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
PG
SEDANG






Siswa dapat Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
PG
MUDAH

13.2

Memahami cerita rakyat yang dituturkan



.Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 


2
Cerita Rakyat
Siswa dapatMemahami cerita rakyat yang dituturkan

Siswa dapat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
PG





PG
SEDANG





SEDANG


No.
SK/KD
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
JML SOAL
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
INSTRUMEN PENILAIAN
BENTUK SOAL
NO. SOAL
BOBOT SOAL
14.1
1.4 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas ini puisi berkenaan dengan gambaran pengindraan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi.
3
Teks puisi





Teks puisi





Teks puisi
-                     Siswa dapat menentukan gambaran pengindraan penglihatan dalam puisi tersebut



-                     Siswa dapat menentukan gambaran pengindraan pendengaran dalam puisi tersebut


-                     Siswa dapat menentukan perasaan dalam puisi tersebut

Pilihan ganda




Pilihan ganda





Pilihan ganda

28





29






30
Sedang





Sedang






Sulit





14.2
1.4 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
2
Teks puisi



Teks puisi
-                     Siswa mengaitkan isi puisi berkenaan dengan realitas alam


-                     Siswa dapat mengaitkan isi puisi berkenaan dengan nilai sosial
Pilihan
Ganda


Pilihan
ganda
31



32
Sulit



Sulit


15.1
Memahami sastra Melayu Klasik
Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu Klasik
2
Teks sastra Melayu klasik



Teks sasta Melayu klasik
-                     Siswa dapat menemukan nilai yang terkandung dalam sastra Melayu klasik


-                     Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sastra Melayu klasik
Pilihan ganda



uraian

33




45

Sedang




Sedang

























No
SK/KD
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
JML SOAL
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
INSTRUMEN PENILAIAN
BENTUK SOAL
NO SOAL
BOBOT SOAL
15.2
Memahami sastra melayu klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik
1


1




2
Teks hikayat

Teks hikayat



Puisi
-          Siswa menemukan nilai-nilai dalam karya sastra berbentuk hikayat
-          Siswa membandingkan nilai-nilai dalam sastra melayu klasik berbentuk hikyat dengan nilai-nilai masa kini
-          Siswa mengartikan kata-kata sulit
Pilihan Ganda


Pilihan Ganda




Pilihan Ganda
34


35




36, 37
Sedang


Sulit




Mudah
16.1
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
16.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
1



1




Cerpen



Cerpen

-          Siswa menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri dalam cerpen
-          Siswa mengembangkan kerangka yang telah di buat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
Pilihan Ganda



Uraian
38



46
Sedang



Sulit
16.2
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
1
Cerpen
-          Siswa menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan pelaku, peristiwa, dan latar
-          Siswa mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan
Pilihan Ganda



Pilihan Ganda
39



40
Sedang



Sulit


Komentar