EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI STATISTIKA AKADEMI STATISTIKA MUHAMMADIYAH SEMARANG




GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PEMBELAJARAN
PROGRAM STUDI STATISTIKA
AKADEMI STATISTIKA MUHAMMADIYAH SEMARANG

Revisi                :
                                                                                    Tanggal Berlaku  :


A.             Identitas
1.             Judul Matakuliah                   : BAHASA INDONESIA
2.             Nomor Kode/SKS                  :
3.             Deskripsi Singkat                  : Mata kuliah ini menjelaskan tentang menulis kaidah bahasa sesuai EYD, meningkatkan kemampuan keterampilan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, menjelaskan hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa Indonesia, fungsi, ragam dan  peranannya dalam pembangunan bangsa, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pikirannya dalam bentuk kalimat, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan mapun tulis, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pikirannya melalui keterampilan berbahasa, mahasiswa terampil berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, untuk mendukung bidang akademik dan profesi, meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pikirannya dalam bentuk kalimat, melakukan pemilihan kata dan mengembangkan kalimat dalam paragraf, sebagai bekal dalam penulisan laporan ilmiah dan berinovasi dalam profesinya,
4.             Standar Kompetensi              : Mahasiswa memiliki keterampilan menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD) menjelaskan hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa Indonesia, fungsi, ragam dan  peranannya dalam pembangunan bangsa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan mapun tulis, terampil berbahasa yang meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, untuk mendukung bidang akademik dan profesi,  melakukan pemilihan kata dan mengembangkan kalimat dalam paragraf sebagai bekal dalam penulisan laporan ilmiah dan berinovasi dalam profesinya.

B.   Unsur-unsur GBPP

No
Kompetensi dasar
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Estimasi Waktu
Metode Pembelajaran
Kemampuan Softskill
Sumber Kepustakaan

1.







2.







3.








4.









5.








6.








7.







8.





9.




10.






11.








12.




13.






14.







Menulis dan menjelaskan kaidah bahasa Indonesia dalam EYD





Meningkatkan kemampuan keterampilan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar.




Hakikat bahasa, sejarah perkembangan bahasa Indonesia, fungsi, ragam dan  peranannya dalam pembangunan bangsa,




Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pikirannya dalam bentuk kalimat.






Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan mapun tulis.




Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis surat lamaran pekerjaan.






Mahasiswa terampil berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, untuk mendukung bidang akademik dan profesi


Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pikirannya dalam bentuk kalimat.


Melakukan pemilihan kata dan mengembangkan kalimat dalam paragraf


Mengembangkan kalimat dalam paragraf sebagai bekal dalam penulisan laporan ilmiah dan berinovasi dalam profesinya


Meningkatkan pemahaman mahasiswa atas jenis tulisan dalam Bahasa Indonesia tulis dan dapat menerapkan dan menghasilkan jenis-jenis tulisan.


Membedakan dan menulis ringkasan dan abstrak secara benar


Meningkatkan Kemampuan mahasiswa mengenai konsep kutipan dan sistem rujukan serta cara menerapkannya dalam berbagai keperluan.

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun langkah-langkah penulisan ilmiah dan berinovasi dalam profesinya.

Menulis berdasarkan kaidah EYD





Menulis dengan tanda baca yang tepat





Hakikat dan, Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia.




Pilihan kata









Pidato








Keterampilan menulis







Keterampilan menyimak






Kalimat efektiif





Menulis paragraf



Menulis Ilmiah






Menulis ilmiah








Menulis Ilmiah




Menulis ilmiah
                                                                                      Indonesia, Ragam Bahasa Indonesia, Peran Bahasa Indonesia dalam Pembangunan
                                            Bangsa (IPTEK dan IPTAQ).




KTI

Pemenggalan kata, Huruf kalital, Huruf miring, Penulisan kata, Bentuk Ulang, Gabungan kata, Kata ganti, Kata depan, Kata Si dan Sang, Partikel, Singkatan, Akronim, Angka dan lambang bilangan.
Titik, koma, titik koma, titik dua, tanda hubung, tanda pisah, tanda elipsis, tanda tanya, tanda seru, tanda kurung, kurung siku, petik, petik tunggal, garis miring, penyingkat/apostrof.

Hakikat bahasa, Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia, Fungsi Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa Indonesia, Peran Bahasa Indonesia dalam PembangunanBangsa (IPTEK dan IPTAQ).

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar, Pemilihan Kata (Diksi) dalam Berbahasa Indonesia, Menggunakan Kalimat Efektif dalam Berbahasa Indonesia.




Membuat Teks Pidato Tertulis dalam Forum Resmi, Berbicara (Berpidato) di Muka Umum , Menganalisis Materi Pidato Teman yang Meliputi Kesalahan Pemilihan Kata dan Penggunaan Kalimat Efektif.

Mengenali jenis surat, tujuan menulis surat, bagian-bagian surat, dan surat lamaran pekerjaan.





Praktik Menyimak dan Berbicara (Penawaran Produk Farmasi), Praktik Membaca dan Menulis (Promosi/penawaran Produk Farmasi di Media Massa dan Media Elektronik).

Pemilihan Kata yang Tepat dalam Menyusun Kalimat Efektif, Kalimat Utama.



Mengembangkan Kalimat Utama menjadi Beberapa Kalimat Penjelas.


Jenis Paragraf (Deduktif, Induktif, Campuran), Pola Pengembangan Paragraf.




Mengembangkan Paragraf Deskriptif, Mengembangkan Paragraf Naratif, Mengembangkan paragraf Argumentatif. Mengembangkan Paragraf Eksposisi, Mengembangakan Paragraf Persuasif

Menyusun Abstrak dan Menyusun Ringkasan



Kutipan dan rujukan, Daftar pustaka, Cara mengutip dan merujuk




Karya Tulis Ilmiah, Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Bahasa Indonesia dalam Karya Tulis Ilmiah, Menulis Laporan Ilmiah (Makalah dan Artikel Ilmiah)

2jp


1.   Ceramah Interaktif
2.   Diskusi
3.   Latihan dan analisis Soal



Pemahaman,
Ketelitian, tanggung jawab, lugas, percaya diri.


Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai. 1989. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Antarkota.
Bakry, Oemar. 1981. Bunga Rampai Sumpah Pemuda. Satu Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Mutiara.
Mulyati, Yetty. Et all. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1981. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1985. Kongres Bahasa Indonesia



C.     Daftar Pustaka
1.                   Arifin, E. Zaenal dan Amran Tasai. 1989. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Antarkota.
2.                   Bakry, Oemar. 1981. Bunga Rampai Sumpah Pemuda. Satu Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Mutiara.
3.                   Mulyati, Yetty. Et all. 2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka
4.                   Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1981. Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
5.             Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1985. Kongres Bahasa Indonesia

Diperiksa oleh :
Ketua Program Studi



…………………………………………
Disahkan oleh :
Direktur



............................................

Komentar