EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

CONTOH SOAL HOTS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA ULANGAN HARIAN TERSTRUKTUR SEMESTER GASAL



ULANGAN HARIAN TERSTRUKTUR SEMESTER GASAL
SMA MUHAMMADIYAH ! SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA                         Hari/Tanggal   :
Kelas                   : X. MIPA/IPS                                            Waktu             : 90 menit
I.       Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar dan jelas!
Bacalah teks hasil observasi berikut!
UNESCO menjelaskan bahwa kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat. Kemampuan literasi dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga, masyarakat. Karena sifatnya yang "multiple Effect" atau dapat memberikan efek untuk ranah yang sangat luas.
Pemahaman yang paling umum dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata -- khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis -- yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya.
Pendidikan dan kemampuan literasi adalah dua hal yang sangat penting dalam hidup kita. Kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut. Oleh karena itulah, orang berpendidikan diharapkan untuk melakukan tugasnya dengan baik.

1.        Berdasarkan teks laporan hasil observasi tersebut tentukan struktur yang digunakan!
2.        Berdasarkan teks laporan hasil observasi tersebut identifikasikan verba yang digunakan!
3.        Berikan pendapatmu tentang hal yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi tersebut!
4.        Susunlah teks laporan hasil observasi dengan struktur pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat!

Baca teks eksposisi berikut!
Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.
Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya.
Jika peserta didik semakin aktif sert diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya dinegara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

5.        Berdasarkan teks eksposisi tersebut tentukan struktur yang digunakan!
6.        Berdasarkan  teks eksposisi tersebut identifikasilah yang termasuk konjugsi sebab akibat!
7.        Berikan pendapatmu tentang hal yang dibahas dalam eksposisi tersebut!
8.        Berdasarkan teks eksposisi tersebut tentukan unsur bagaimana dan mengapa!
9.        Berdasarkan teks eksposisi tersebut tentukan ide pokok tiap paragraf!
10.    Identifikasilah fakta dan opini dalam teks eksposisi tersebut!


-----------------Selamat Mengerjakan----------------



Komentar