EDISI APRESIASI PUISI KONTEMPORER @ MAHMUD HIDAYAT *COLONNES SANS FIN* SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Tiang tanpa akhir tanpa apa di atasnya tiang tanpa topang tanpa apa di atasku tiang tanpa akhir tanpa duka lukaku tiang tanpa siang tanpa malam tanpa waktu tiang tanpa akhir menuju ke mana kau dan aku yang langit koyak yang surga tumpah karena tinggi tikammu luka terhenyak neraka semakin galak dalam botolmu tiang tanpa akhir ah betapa kecilnya kau jauh di bawah kakiku Tiang (tonggak) adalah “kiasan sesuatu yag menjadi pokok kekuatan, penghidupan, dsb.” (KBBI, 2014: 1459). Dikatakan dalam puisi tersebut bahwa pokok kekuatan (penghidupan, dsb.) itu _tanpa akhir_ (“Colonnes Sans Fin”), tanpa ujung, tidak berkesudahan atau berpenghabisan sehingga tidak terlihat apa yang ada di atasnya ( _tanpa apa di atasnya_ ) dan tidak tahu rahasia apa yang ada di dalamnya. Akan tetapi, penghidupan ( _tiang_ ) tanpa fungsi penyokong atau penunjang ( _topang_ ) kehidupan akan membuat aku kehilangan harapan atau tujuan hidup ( _tanpa apa di atasku_ ) sehingga tidak ada lagi _...

CONTOH ANALISIS PENETAPAN KKM PER KD DAN INDIKATOR



CONTOH ANALISIS PENETAPAN KKM PER KD DAN INDIKATOR

MATA PELAJARAN    : BAHASA INDONESIA                                                    GURU       :  R. Iguh Prasetyo, S.Pd. dkk
KELAS / SEMESTER  :  X IBB-IIS-MIA  / 1



No.


KI / KD/ INDIKATOR
Kreteria Pencapaian KKM
KKM


Kompleksitas


Daya Dukung


Intake

Pengetahuan

praktik

Sikap
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya




77.78
baik

1.1      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan  bangsa.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

1.2      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya  sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

1.3      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya  sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,  peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia




77.78
baik

2.1      Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif,  dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

2.2      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

2.3      Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

2.4      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik

2.5      Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan
konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)

77.78
baik




No.


KI / KD/ INDIKATOR
Kreteria Pencapaian KKM
KKM


Kompleksitas


Daya Dukung


Intake

Pengetahuan

praktik

Sikap












No.



KI / KD/ INDIKATOR
Kreteria Pencapaian KKM
KKM


Kompleksitas


Daya Dukung


Intake

Pengetahuan

praktik

Sikap
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah



77.78
77.78
baik

3.1
Memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi baik melalui lisan maupun
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.2
Membandingkan  teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.3
Menganalisis teks laporan hasil observasi
baik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.4
Mengidentifikasi  teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.5
Mengevaluasi teks laporan hasil observasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
prosedur kompleks baik melalui lisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.2
Membandingkan  teks prosedur
kompleksbaik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.3
Menganalisis teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.4
Mengidentifikasi   teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.5
Mengevaluasi teks prosedur kompleks
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik










3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.2
Membandingkan   teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.3
Menganalisis teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.4
Mengidentifikasi  teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.5
Mengevaluasi teks  eksposisi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik










3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.2
Membandingkan  teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.3
Menganalisis teks  anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.4
Mengidentifikasi  teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.5
Mengevaluasi teks anekdot berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik









3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89


3.2
Membandingkan  teks negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.3
Menganalisis teks  negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

3.4
Mengidentifikasi  teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik

3.5
Mengevaluasi teks negosiasi  berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik




No.


KI / KD/ INDIKATOR
Kreteria Pencapaian KKM
KKM


Kompleksitas


Daya Dukung


Intake

Pengetahuan

praktik

Sikap
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



72.22
72.22
baik

4.1
Menginterpretasi  makna teks hasil observasi  baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
77.78
77.78
baik

4.2
Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.3
Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

4.4
Mengabstraksi  teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.5
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik









4.1      Menginterpretasi  makna teks prosedur
kompleks  baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.2
Memproduksi teks laporan prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.3
Menyunting teks laporan prosedur
kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

4.4
Mengabstraksi  teks laporan prosedur
kompleks baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.5
Mengonversi teks laporan prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik









4.1      Menginterpretasi  makna teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.2
Memproduksi teks laporan eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.3
Menyunting teks laporan eksposisi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

4.4
Mengabstraksi  teks laporan eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

4.5
Mengonversi teks laporan eksposisi ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik









4.1      Menginterpretasi  makna teks anekdot  baik
secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
rendah     (1)
66.67
66.67
baik

4.2
Memproduksi teks laporan anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
rendah     (1)
66.67
66.67
baik

4.3
Menyunting teks laporan anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.4
Mengabstraksi  teks laporan anekdot baik
secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.5
Mengonversi teks laporan anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik









4.1
Menginterpretasi  makna teks negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
tinggi      (3)
88.89
88.89
baik




No.


KI / KD/ INDIKATOR
Kreteria Pencapaian KKM
KKM


Kompleksitas


Daya Dukung


Intake

Pengetahuan

praktik

Sikap

4.2
Memproduksi teks laporan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.3
Menyunting teks laporan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
sedang     (2)
tinggi      (3)
sedang     (2)
77.78
77.78
baik

4.4
Mengabstraksi  teks laporan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik

4.5
Mengonversi teks laporan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
tinggi      (1)
tinggi      (3)
sedang     (2)
66.67
66.67
baik
KKM rata-rata
75.00
75.93
baik


Wirosari, 16 Juli 2013
Kepala Sekolah




Amin Hidayat, S.Pd, M.M.
NIP. 19690415 199702 1 002

Komentar