CONTOH ANALISIS PENETAPAN KKM
PER
KD DAN INDIKATOR
MATA PELAJARAN
: BAHASA INDONESIA
GURU
: R. Iguh Prasetyo, S.Pd. dkk
KELAS / SEMESTER : X IBB-IIS-MIA / 1
No.
|
KI / KD/ INDIKATOR
|
Kreteria
Pencapaian KKM
|
KKM
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
praktik
|
Sikap
|
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
|
|
77.78
|
baik
|
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan,
dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
|
|
|
77.78
|
baik
|
|
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan
tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
|
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan
konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
|
77.78
|
baik
|
No.
|
KI / KD/ INDIKATOR
|
Kreteria
Pencapaian KKM
|
KKM
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
praktik
|
Sikap
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
KI / KD/ INDIKATOR
|
Kreteria
Pencapaian KKM
|
KKM
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
praktik
|
Sikap
|
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
|
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasi baik melalui lisan maupun
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.2
|
Membandingkan teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.3
|
Menganalisis teks laporan hasil observasi
baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.4
|
Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.5
|
Mengevaluasi teks laporan hasil observasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks
prosedur kompleks baik melalui
lisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.2
|
Membandingkan teks prosedur
kompleksbaik melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.3
|
Menganalisis teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.4
|
Mengidentifikasi
teks prosedur kompleks
baik secara
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.5
|
Mengevaluasi teks prosedur kompleks
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks
eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.2
|
Membandingkan
teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.3
|
Menganalisis teks eksposisi baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.4
|
Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.5
|
Mengevaluasi teks
eksposisi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.2
|
Membandingkan teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.3
|
Menganalisis teks anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.4
|
Mengidentifikasi teks anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.5
|
Mengevaluasi teks anekdot berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Memahami struktur dan kaidah teks
negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
|
|
3.2
|
Membandingkan teks negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.3
|
Menganalisis teks negosiasi baik melalui
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
3.4
|
Mengidentifikasi teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
|
3.5
|
Mengevaluasi teks negosiasi
berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
No.
|
KI / KD/ INDIKATOR
|
Kreteria
Pencapaian KKM
|
KKM
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
praktik
|
Sikap
|
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
|
|
72.22
|
72.22
|
baik
|
|
4.1
|
Menginterpretasi makna teks hasil
observasi
baik secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.2
|
Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.3
|
Menyunting teks laporan hasil observasi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.4
|
Mengabstraksi
teks laporan hasil observasi
baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.5
|
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks prosedur
kompleks baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.2
|
Memproduksi teks laporan prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.3
|
Menyunting teks laporan prosedur
kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.4
|
Mengabstraksi teks laporan prosedur
kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.5
|
Mengonversi teks laporan prosedur
kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.2
|
Memproduksi teks laporan eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.3
|
Menyunting teks laporan eksposisi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.4
|
Mengabstraksi teks laporan eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.5
|
Mengonversi teks laporan eksposisi ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot baik
secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
rendah
(1)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.2
|
Memproduksi teks laporan anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
rendah
(1)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.3
|
Menyunting teks laporan anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.4
|
Mengabstraksi teks laporan anekdot baik
secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.5
|
Mengonversi teks laporan anekdot ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1
|
Menginterpretasi
makna teks negosiasi
baik secara
lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
tinggi (3)
|
88.89
|
88.89
|
baik
|
No.
|
KI / KD/ INDIKATOR
|
Kreteria
Pencapaian KKM
|
KKM
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Pengetahuan
|
praktik
|
Sikap
|
|
4.2
|
Memproduksi teks laporan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara
lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.3
|
Menyunting teks laporan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
sedang (2)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
77.78
|
77.78
|
baik
|
|
4.4
|
Mengabstraksi teks laporan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
|
4.5
|
Mengonversi teks laporan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara
lisan
|
tinggi (1)
|
tinggi (3)
|
sedang (2)
|
66.67
|
66.67
|
baik
|
KKM rata-rata
|
75.00
|
75.93
|
baik
|
Wirosari, 16 Juli 2013
Kepala Sekolah
Amin Hidayat, S.Pd, M.M.
NIP. 19690415 199702
1 002
Komentar
Posting Komentar